Translate

Tuesday, April 22

lagu Dondong Apa Salak

Informasi Halaman :
Judul Artikel : lagu Dondong Apa Salak
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/04/not-angka-lirik-lagu-daerah-dondong-apa-salak.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
              Lagu ini dipopulerkan pertamakali oleh penyanyi senior Krisbiantoro sekitar tahun 60-70-an, lagu tersebut adalah lagu  anak-anak, namun didalam syairnya yang lugas, tidak berbelit-belit dan mudah dipahami, kalau didalami akan memberikan pemahaman makna tentang pekerti yang luhur.

Buah dondong/kedondong: seperti yang kita ketahui buahnya halus pada bagian luar, namun setelah kita makan, seperti apakah isinya?, berduri , teksturnya berantakan, bahkan kita harus berhati-hati untuk memakanya. Makna dari lirik tersebut adalah dalam hidup mengenai buah kedondong, menjadi manusia seharusnya antara lahir dan batin adalah sejalan.

Buah salak : buah yang satu ini berbalik dengan buah kedondong, seperti kita ketahui, buah salak, daging buahnya ditutup oleh kulit yang terlihat bersisik dan tajam, susah untuk di buka, tentunya masih banyak buah yang seperti  demikian, tampak luarnya saja yang tidak bagus, namun dalamnya sangat kita suka. Makna dari lirik tersebut adalah Dalam kehidupan, bersosial dan bermasyarakat kita tidak boleh hanya melihat dan menilai seseorang dari tampak luarnya saja, tampak dari luar memang tidak baik, belum tentu isi hatinya. 


Andong Opo Becak (naik andhong atau Becak), Mlaku thimik-thimik (apa jalan pelan-pelan), Makna dari lirik tersebut adalah Berjalan menuju sebuah tujuan atau menggapai sebuah tujuan seharusnya dilakukan dengan pelan namun pasti, bukan mengambil jalan pintas, jalan yang memanfaatkan jerih payah orang lain atau dengan tenaga orang lain, sementara kita hanya berpangku tangan mengandalkan uang dan sesuatu yang dapat membeli tenaga atau jasa seseorang. 

source : youtube



Lirik lagu Dondong Apa Salak - Provinsi Jawa Tengah :


Dondong apa salak, duku cilik-cilik
Ngandhong apa mbecak, m'laku timik-timik
Dondong apa salak, duku cilik-cilik
Ngandhong apa mbecak, m'laku timik-timik
Atik ndherek Ibu tindak menyang pasar
Ora pareng rewel ora pareng nakal
Ibu mengko mesthi mundhut oleh-oleh
Kacang karo roti Atik dhiparingi
Dhondhong apa salak, dhuku cilik-cilik
Gendhong apa pundhak aja ngithik-ithik




Not Angka :

Source : notasimusik.com



Terimakasih anda telah membaca "lagu Dondong Apa Salak". Lirik/Musik adalah hak cipta dari pengarang/penyanyi/label. Konten yang ada di blog ini semata-mata hanyalah sebagai media pembelajaran.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

1 komentar:

  1. Nice gan.. belajar musik daerah yukk.. hehehe :3

    ReplyDelete

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.