Soal CPNS terbaru



Dikutip Dari Surat Keputusan BKN No. 9 bahwa Pedoman Pelaksanaan Penerimaan CPNS akan dilakukan beberapa tes diantaranya :
  1. TKD (Tes Kompetensi Dasar), Materi TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi ;
  2. TKB (Tes Kompetensi Bidang), terdiri dari bidang Agama, bidang Akuntansi, bidang Ekonomi, bidang Geografi, bidang Hankam (Pertahanan Keamanan), bidang Hukum, bidang Kehutanan, bidang Kesehatan, bidang Pendidikan, bidang Pertanian dan bidang Farmasi.
TKD (Tes Kemampuan Dasar) dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan,dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional,regional, dan internasional maupun kemampuan verbal,kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas,dan inisiatif.

Sedangkan Pada Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dari kebangsaan Indonesia seperti : Pancasila, Undang Undang Dasar 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.
Untuk Tes Kompetensi Dasar pada Tes Pengetahuan Umum atau Tes Intelegensi seperti biasanya berkaitan dengan berbagai kemampuan diantaranya:
  1. Kemampuan verbal, kemampuan ini terdiri dari tes persamaan kata (sinonim), Tes lawan kata (antonim), tes padanan hubungan kata dan tes pengelompokan kata.
  2. Kemampuan numerik, pada tes kemampuan numerik atau hitungan terdiri dari tes seri huruf, tes seri angka, tes angka dalam cerita dan tes logika angka.
  3. Kemampuan berpikir logis dan juga tes logika umum terdiri dari tes kesimpulan silogisme, tes pernyataan dan tes logika cerita.


Untuk mendownload contoh soal cpns klik disini

password dibagian ini


blogpendidikandasar