Pengumuman CPNS Papua diperlakukan khusus


Untuk daerah selain Papua penyerahan hasil CPNS dari pelamar umum maupun dari honorer K2 lewat media website (internet). Namun tidak demikian untuk Papua, sehingga pemberintah memberikan perlakuan khusus kepada Provinsi Papua.


Hasil tes CPNS pelamar umum dan honorer K2 dibawa langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar didampingi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, Tim Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri dan BPPT ke Papua.

Hasil tes CPNS diserahkan MenPAN-RB didampingi tim Panselnas kepada Gubernur Papua Lukas Enembe. Selanjutnya gubernur menyerahkannya ke masing-masing bupati dan walikota di Kantor Gubernur Papua.

Azwar Abubakar selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) mengatakan : “Saya sudah serahkan hasilnya ke gubernur. Memang Papua ini agak khusus perlakuannya karena disesuaikan dengan kondisi di sana. Kita tidak boleh samakan karena yang lebih tahu gubernur tentang keadaan di wilayahnya,".

Dikatakan, hasil tes CPNS 2013 bagi Papua sudah resmi dan hasilnya sudah ada pada masing-masing kepala daerah. Model pengumumannya seperti apa juga diserahkan ke masing-masing bupati/walikota di Papua.


“Hasil ini sudah resmi, kalau ada pertanyaan kenapa prosesnya berlarut-larut, karena Papua ini memang berbeda kondisinya. Kita tidak boleh asal-asalan, perlu banyak pertimbangan. Pemerintah harus terus berkoordinasi dengan gubernur, bupati/walikotanya agar tidak menimbulkan suasana yang tidak kondusif,” jelasnya.

Ke depan Papua bisa sama dengan daerah lain di Indonesia dengan mengikuti tes CPNS lewat sistim computer assisted test (CAT) dan tidak menggunakan lembar Jawab komputer (LJK) lagi.