BAGAIMANA BULAN TERBENTUK ?

                                                           sumber foto dari : Reuters


Bagaimana bulan terbentuk ?  Peneliti mengungkapkan bukti baru Bumi ditabrak oleh objek raksasa sebesar Mars 4,5 miliar tahun yang lalu.

Setelah tata surya terbentuk 4,6 miliar tahun lalu, Bumi dikatakan telah terkena planet seukuran Mars 
Ilmuwan Jerman mempelajari batuan bulan yang dikumpulkan oleh astronot hampir setengah abad lalu oleh misi Apollo 11, 12 dan 16.

Hasil penelitian menunjukkan Bumi ditabrak benda besar yang disebut 'Theia' yang menyebabkan pembentukan bulan. 



Bulan mungkin 50-50 campuran bahan dari obyek ini dan Bumi Itu cocok dengan gagasan bahwa bulan akan berisi materi dari objek yang melanda bumi.

"Saya berpikir bahwa kebanyakan orang percaya di Giant Impact Hipotesis," kata penulis utama studi tersebut, Daniel Herwartz, seorang ahli geologi di Georg-August-Universität di Göttingen, Jerman. Seperti dilansir dari dailymail (5/6/14).

"Dan sekarang kita telah memecahkan salah satu kesenjangan terakhir dalam menjelaskan hal itu, orang-orang yang mengkritik itu akan memiliki waktu yang sulit." Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Science.

Sebelumnya upaya untuk mengkonfirmasi bahwa dampak telah terjadi telah berpusat pada mengukur rasio antara isotop oksigen, titanium, silikon dan lain-lain.



Rasio ini diketahui bervariasi di seluruh tata surya, tapi kemiripan mereka antara Bumi dan Bulan bertentangan dengan model teoritis dari tabrakan yang menunjukkan bahwa Bulan akan membentuk sebagian besar dari Theia, dan akan diharapkan komposisinya berbeda dari Bumi.

Dr Herwartz mengatakan bahwa data baru menunjukkan bahwa 50-50 campuran tampaknya mungkin, tapi ini perlu dikonfirmasi. 



Terima kasih Atas waktu luang yang anda berikan untuk membaca "Bagaimana bulan terbentuk". konten yang ada semata-mata hanya sebagai pengetahuan. Foto yang ada dalam konten ini merupakan hak cipta dari sumber yang telah admin cantumkan.