Translate

Friday, June 6

Buat Akta Kelahiran Cukup Bawa Surat Keterangan Bidan

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Buat Akta Kelahiran Cukup Bawa Surat Keterangan Bidan
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/06/buat-akta-kelahiran-cukup-bawa-surat-keterangan-bidan.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
inovasi pelayanan public dalam pembuatan akta kelahiran. Tak perlu repot-repot, karena orang tua bayi cukup membawa keterangan dari penolong kelahiran ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Solo, maka akta kelahiran beres.


Terobosan ini merupakan kelanjutan dari inovasi di bidang administrasi kependudukan (adminduk) yang sudah dilakasnakan sejak tahun 2008. Inovasi itu telah berhasil menerobos ke kompetisi tingkat dunia, yakni United Nation Public Service Award(UNPSA), dan menyodok ke putaran final bersama 4 unit pelayanan public lain di tanah air.

Kepala Seksi Pengolah Data dan Statistik Dispenduk Capil Pemkot Surakarta Rita Margaretha mengatakan, pihaknya akan melaunching inovasi ini bulan Juni 2014 ini.  “Bayi lahir hanya membutuhkan surat keterangan penolong kelahiran, seperti bidan ataupun dokter, kemudian dibawa ke dinas untuk dibuat akta kelahiran,” ujarnya  dalam percakapan dengan crew media ini di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pekan lalu.

Dikatakan, untuk tahap awal akan dilakukan di satu kelurahan, yakni Kelurahan Timuran yang letaknya di tengah kota dan padat penduduknya. Selanjutnya secara bertahap akan diterapkan di kelurahan lain di seluruh wilayah Kota Surakarta.

Dikatakan, inovasi ini diharapkan bisa lebih mudah penerapannya, karena Pemkot Solo sudah memiliki baseline data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
Dalam pelaksanaannya, nanti akan menggandeng ibu-ibu PKK dan Ketua RT, utamanya  untuk mendata warganya mulai yang menikah, sedang hamil. “Nanti data-data keluarga bisa diinput seperti surat nikah, akta kelahiran, dan data lain yang dapat menunjang informasi,” imbuhnya. 


Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.