Translate

Sunday, June 22

Contoh Soal TAP PGSD Terbaru

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Contoh Soal TAP PGSD Terbaru
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/06/contoh-soal-tap-pgsd-terbaru.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!


Pak Toni Merupakan seorang guru kelas 4 Sekolah Dasar di daerah pegunungan. Pada pelajaran matematika tentang materi pecahan, Pak Toni menjelaskan mengenai cara menjumlahkan pecahan dan memberi contoh di papan tulis. Salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut:


Pak Toni, Berkata :
"Perhatikan anak-anak, kalau kita mau menjumlahkan pecahan, penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu, kemudian pembilangnya dijumlahkan. Perhatikan contoh berikut: 1/2 + 1/4 = 2/4 + 1/4 = 3/4. Perhatikan lagi contoh ini: 1/2 + 1/3 = 3/6 + 2/6 = 5/6. Jadi yang dijumlahnya adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Mengerti anak-anak?"

Anak-anak diam, mungkin mereka bingung.

Pak Toni, Kemudian berkata lagi :
Pasti kalian sudah jelas, kan. sekarang coba kerjakan soal-soal ini."
Pak Toni menulis 5 soal di papan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan mereka. mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut dikarenakan tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya. Hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal, yang lain hanya menulis soal, dan ada pula yang bertengkar dengan temannya. Selama anak-anak bekerja Pak Toni duduk di depan kelas sambil membaca.


Setelah selesai, anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. Pak Toni meminta seorang anak menuliskan jawabannya di papan tulis. Tetapi karena jawaban itu salah, Pak Toni lalu menuliskan semua jawaban di papan tulis. Kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban di papan tulis. Alangkah kecewanya Pak Toni ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua.

Pertanyaan Untuk Kasus Diatas adalah :
1.   Identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan Pak Toni dalam kasus di atas. Berikan       alasan mengapa itu anda anggap sebagai kelemahan.
2.   Jika anda yang menjadi Pak Toni, jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan anda           tempuh untuk mengajarkan pecahan dengan penyebut yang berbeda. Beri alasan mengapa           langkah-langkah itu yang anda tempuh. 


.....::::: Selamat Mengerjakan :::::::......





Berikut admin sampaikan contoh jawaban untuk kasus diatas. klik disini untuk melihat contoh jawabannya.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.