Formasi CPNS 2014 didominasi guru dan tenaga medis


Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi , Herman Suryatman mengungkapkan persyaratan administrasi tes CPNS yang akan di hilangkan diantaranya lembar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Persyaratan lain yang akan di hapus adalah lembar kartu kuning / surat keterangan pencari kerja yang diterbitkan di Disnakertrans kabupaten /kota. Proses kartu kuning tersebut menjadi program pemerintah daerah. Aturannya tidak ada retribusi dalam pengurusan kartu kuning tersebut.



Pada umumnya banyak pungutan liar dalam proses pembuatannya, harganya bervariasi dari lima ribu rupiah sampai dua puluh lima ribu rupiah. Sedangkan surat keterangan sehat ini di terbitkan oleh dokter pemerintah, tidak ada aturan yang tetap terkait tarif pembuatan surat keterangan tersebut.

Herman menambahkan dengan dihilangkannya sejumlah persyaratan dalam registrasi CPNS 2014 mempunyai tujuan supaya peserta fokus untuk menyiapkan diri menghadapi butir-butir soal yang akan diujiankan.

Jangan sampai seperti tahun lalu materi ujian terdiri dari wawasan kebangsaan, karakterisik pribadi dan Intelejasi umum. Sehingga calon pelamar jangan sampai disibukan untuk mengurus dan membuat berbagai persyaratan adminsitrasi.

Dengan peghapusan ketiga pesyaratan tersebut, Herman memprediksi pelamar tes CPNS pada tahun ini aka membludak,, akan tetapi beliau memastikan tes CPNS tetap sesuai dengan skenario awal yakni akan menggunakan sistem Computer Assisited Test (CAT).

Seluruh usulan CPNS baru dari instansi pusat maupun daerah sudah mulai masuk kepada Kemenpan-RB, selanjutnya usulan tersebut akan di proses menjadi formasi di setiap instansi. Kebutuhan yang paling banyak di dominasi diantaranya tenaga pendidik (guru), tenaga medis dan tenaga penyuluh pertanian dan sejenisnya.