Translate

Tuesday, June 24

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 1435 H

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 1435 H
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/06/persiapan-menyambut-bulan-ramadhan-1435.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Bulan Ramadhan tahun 1435 H telah berada di ambang pintu. Bulan Sya’ban ini merupakan pintu terakhir sebelum memasuki bulan turunnya Al Qur’an. Jika kita membaca sirah Rasul SAW, persiapan beliau menghadapi bulan mulia ini sangat luar biasa, yakni dengan melaksanakan puasa Sya’ban. Hal ini beliau lakukan dalam rangka mempersiapkan dan menyongsong kedatangan bulan Ramadhan, Perbanyaklah beristighfar serta memohon serta memberi maaf agar kedatangan bulan suci diterima dengan hati bersih dari segala bentuk dosa dan perselisihan, rasa dengki, dan penyakit – penyakit hati yang lain. Kita juga perlu memperbanyak doa kepada Allah untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.


Berikut persiapan yang harus kita lakukan, agar fadhilah (keutamaan) yang akan Allah suguhkan tidak melayang begitu saja.

Pertama
Persiapan ilmu, sangat penting mempersiapkan ilmu sebelum masuk Ramadhan. Dengan ilmu pelaksanaan puasa menjadi sah dan benar sesuai dengan yang digariskan syariat. Mengetahui rukun – rukun puasa, hal – hal yang membatalkannya, sunnah – sunnah puasa, serta keutamaan – keutamaan lainya. Untuk itu, kita harus kembali membaca dan menelaah buku-buku tentang puasa dengan para ulama atau menghadiri pengajian agar kita dapat mengetahui syarat dan rukun puasa serta hal-hal yang dapat membatalkan serta menghilangkan nilai puasa.
Imam Syafi’i berkata, ”Barangsiapa yang menginginkan kebahagian hidup di dunia hendaknya ia mencari ilmu. Barangsiapa yang menginginkan kebahagiaan di akherat, hendaknya ia mencari ilmu. Ilmu senantiasa dibutuhkan di kehidupan dunia dan akhirat”.

Kedua
Persiapan fisik, seseorang yang ingin berpuasa dengan baik dan benar, selain melengkapi diri dengan ilmu, juga harus mempunyai stamina dan kekuatan fisik yang prima. Kesehatan memang bukan segala-galanya, tetapi dengan kesehatan seseorang bisa melakukan segala-galanya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW berpesan, ”Mukmin yang kuat lebih baik dan disukai Allah daripada mukmin yang lemah.”  Cara yang paling tepat adalah dengan cara mengadakan latihan puasa sunnah menjelang datangnya bulan Ramadhan, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasul SAW.


Ketiga
Persiapan mental, hal ini menjadi perhitungan sebab tuntunan puasa yang baik adalah puasa yang dilakukan secara kolektif (bersama-sama), puasa yang bukan sekedar menahan lapar dan haus, namun yang jauh lebih utama ialah berpuasa pandangan, pendengaran, kehormatan, dan suasana kebatinan. Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Berapa banyak orang yang puasa namun tidak mendapatkan dari puasa mereka kecuali lapar dan haus.” (HR.Thabrani, Ahmad dan Baihaqi).

Ketiga persiapan ini hanyalah secuil hikmah persiapan menjelang datangnya Ramadhan. Harapan kita semua semoga di Ramadhan tahun ini amal dan ibadah kita jauh lebih baik, kualitas maupun kuantitasnya. Amin……

Dikutip dari : Majelis Ta'lim Wa Dzikir "Ahbabul Musthofa"
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

1 komentar:

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.