seluruh kabupaten/kota diperbolehkan membuka lowongan CPNS 2014


Ini merupakan kabar baik bagi para peminat kursi CPNS 2014. Untuk tahun ini, seluruh kabupaten/kota di Indonesia diperbolehkan membuka lowongan kursi CPNS untuk jalur pelamar umum.


Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan 2012 dan 2013, dimana kabupaten/kota yang porsi belanja pegawai di APBD lebih dari 50 persen, dilarang ikut merekrut CPNS.

Untuk tahun ini memang aturan tersebut masih berlaku. Namun diberi kelonggaran, daerah yang porsi belanja pegawainya di APBD di atas 50 persen, tetap boleh ikut membuka lowongan. Dengan catatan, jumlah yang direkrut hanya untuk menutupi jumlah PNS yang pensiun.

Jadi, dipastikan sejumlah kabupaten/kota di Indonesia hanya akan mendapatkan jatah kursi CPNS yang jumlahnya terbatas, sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun. Pasalnya, masih cukup banyak kabupaten/kota porsi belanja pegawainya masih berada di atas 50 persen.

Azwar Abubakar (MenPAN-RB) mengatakan, kebijakan tersebu ditempuh untuk menekan jumlah PNS, yang hingga saat ini dirasakan masih cukup gemuk.



Pemerintah, lanjutnya, terus berupaya menerapkan zero growth, yakni penambahan formasi dihitung berdasarkan berapa PNS yang pensiun. Harapannya, jumlah pegawai tetap dan tidak mengalami penambahan signifikan.