Translate

Thursday, July 17

Bachar Houli - Olahragawan yang Bangga Memeluk Islam

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Bachar Houli - Olahragawan yang Bangga Memeluk Islam
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/Bachar-Houli-Olahragawan-yang-Bangga-Memeluk-Islam.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Seperti banyak sisi kehidupan lain di Australia, pergaulan di dunia olahraga pun sering melibatkan minuman keras dan pesta. Bagaimana menyiasati ini bila anda seorang olahragawan profesional sekaligus Muslim yang taat beribadah, seperti Bachar Houli?
Bachar Houli mengumandangkan adzan dalam sebuah acara buka puasa bersama di Melbourne. (Credit: ABC)


Permainan sepakbola khas Australia, yang sering disebut 'footy', adalah salah satu cabang olahraga paling populer di Australia, selain cricket dan rugby.



Permainan yang biasanya melibatkan 18 pemain dari tiap tim ini bisa dibilang cabang olahraga asli Australia. Konon, footy mulai dimainkan di negara bagian Victoria, tempat kota Melbourne terletak, pada abad ke-19.
Kini, dalam pertandingan footy, kita bisa melihat berbagai pemain dengan berbagai latar belakang budaya dan etnis, seperti Majak Daw, yang berasal dari Sudan, dan Adam Goodes, keturunan bumiputera Aborigin.
Ada pula pemain yang memeluk agama Islam dan amat terbuka tentang kepercayaannya, yaitu Bachar Houli, yang saat ini bermain untuk tim Richmond Tigers.
Dalam situs resminya, Houli bercerita bahwa ia mulai bermain footy pada usia 11 tahun. Namun, awalnya secara diam-diam karena orang tuanya menganggap olahraga bisa menurunkan konsentrasinya belajar.
Lama kelamaan, Houli tak bisa menyembunyikan prestasinya. Dengan seizin orang tuanya, ia pun terus berkiprah di cabang olahraga footy, hingga kini bisa bermain di liga footy tingkat nasional.
Selain mempertahankan prestasi, Houli juga mempertahankan keyakinannya. Ia secara terbuka menyatakan dirinya seorang Muslim, bahkan dalam situsnya ada laman khusus di mana ia menjelaskan pemahamannya tentang rukun Islam dan nabi junjungan kaum Muslim,  Nabi Muhammad.
Dalam acara buka puasa bersama di Melbourne baru-baru ini yang dihadiri wartawan ABC International, Dina Indrasafitri, Houli menjadi pengumandang adzan dan juga bintang tamu. Ia berbagi cerita tentang bagaimana bisa tetap bermain footy dan bergaul dalam dunia itu, sementara tetap menjalankan agama yang diyakininya.
Terbuka tentang Keyakinannya
Atlet atau selebriti yang memeluk agama Islam mungkin lazim di Indonesia, namun di Australia, sesuai dengan catatan biro statistik, makin banyak yang mengaku bahwa mereka tidak memeluk agama apapun, tak banyak ditemui figur macam itu.
Dalam hal ini, Houli bercerita bahwa tantangan terberatnya adalah saat ia masih berusia 16 tahun dan mengalami keresahan karena ingin secara terbuka menampilkan identitiasnya sebagai seorang Muslim.
"Menurut saya, saat itu adalah langkah terbesar. Saya berpikir, cukup sudah, saya perlu berdiri tegak dan bangga sebagai seorang Muslim Australia," tuturnya,
"Maka, berdirilah saya di depan tim, yang di bawah usia 16 tahun. Saat itu saya mewakili Victoria dan menjabat kapten tim. Saya berdiri di hadapan tim, dan saya bilang, inilah saya. Saya seorang Muslim. Saya shalat lima kali sehari, saya makan makanan halal."
Menurut Houli, respek yang ia dapat dari tindakannya itu justru sangat besar, dan membuatnya makin percaya diri.
"Terkadang memang amat sulit, tapi lama-lama sudah jadi kebiasaan," ucapnya,
"Dan yang paling bagus, saya mendapat begitu banyak respek dari tim saya. Dan cara terbaik untuk dihormati adalah dengan menghormati."
Selain bermain di Liga AFL, (Australian Football League), Houli juga menjalankan The Bachar Houli Academy, yaitu kamp pelatihan footy untuk pemain muda yang memiliki latar belakang agama atau budaya Islam.


Sedangkan Bachar Houli Cup, atau Piala Bachar Houli, adalah program AFL yang membuka pintu bagi pelajar dan sekolah Islam untuk mengikuti kompetisi sembilan lawan sembilan, AFL 9.
Houli saat ini menjabat sebagai salah satu duta multikultural AFL.

Sumber : ABC Australia
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.