Translate

Wednesday, July 9

Jalur Penghubung Utara-Selatan Jateng Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2014

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Jalur Penghubung Utara-Selatan Jateng Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2014
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/jalur-penghubung-utara-selatan-jateng-siap-dilalui-pemudik-2014.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Jalur Ciregol penghubung Lintas Selatan-Utara Jateng

Saat melakukan pemantauan jalur lebaran di  Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Taufik Widjoyono  selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengatakan  Jalur Lintas Selatan dan jalur penghubung Lintas Selatan-Utara di Provinsi Jawa Tengah bisa dilewati dengan baik saat lebaran tahun 2014.



Pemantauan Jalur Penghubung Lintas Selatan-Utara Jawa tengah serta Lintas Selatan Jawa tengah ini dilakukan dengan menyusuri jalan dari Tegal–Purwokerto–Yogyakarta –Magelang–Ambharawa-Semarang.

Dari hasil pantauan tersebut, kondisi  jalan dari Yogyakarta sampai Magelang relatif baik dengan kapasitas yang mencukupi. Namun, setelah Magelang, kira-kira 15 km menjelang Ambharawa, ada potensi terjadi bottleneck mengingat lebar jalan yang masih 7 meter dan padatnya lalu lintas serta banyaknya truk sehingga kecepatan hanya sekitar 30 km per jam.

Potensi titik macet lainnya ada pada beberapa titik pasar tumpah di kota-kota yang berada di sepanjang jalur yang ditinjau seperti di Gombong. Namun, Kementerian PU akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk pengaturan pasar tumpah tersebut, dan untuk pengamanan pada saat mudik lebaran akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

Menurut Taufik, Kementerian PU juga akan mengusulkan dilakukannya pengaturan khusus yaitu melalui koordinasi antara Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, dan Polri untuk mengatur arus lalu lintas dari Yogyakarta-Magelang menuju Semarang dan dari Semarang menuju Solo yang bertemu di pertigaan Bawen. Dengan pengaturan tersebut diharapkan pada puncak arus mudik dan arus balik kendaraan dapat lewat dengan lancar.

Lebih lanjut, Taufik mengatakan bahwa pengaturan lalu lintas juga akan dilakukan di Flyover Jombor mengingat underpass Jombor belum bisa digunakan. Pengaturan lalu lintas  dengan traffic light dilakukan untuk mengatasi sementara konflik lalu lintas  dari kota Yogyakarta menuju Magelang dan konflik lalu lintas dari barat ke timur.



Titik Longsor
Sementara itu, menurut Taufik, Kementerian PU juga telah menyiapkan pengamanan di titik longsor Ciregol, yang berada di jalur penghubung Lintas Selatan-Utara, berupa rambu pengaman sehingga lalu lintas tidak masuk ke tempat yang berbahaya dan kendaraan berjalan lebih pelan saat melewati  daerah tersebut. Selain itu, Kementerian PU juga telah menyiapkan penanganan permanen  dalam bentuk pelebaran jalur dan penanganan tebing yang longsor.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.