Translate

Saturday, July 5

Karakteristik Anak Usia 0-5 Tahun dan Jenis Mainannya

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Karakteristik Anak Usia 0-5 Tahun dan Jenis Mainannya
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/karakteristik-anak-usia-0-5-tahun-dan-jenismainannya.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!


Belanja mainan untuk anak sebaiknya jangan hanya melihat dari yang disenangi anak saja tetapi harus ada aspek edukatif mestinya ada pada mainan anak. Perlu anda ingat, bahwa kemampuan di tiap usia juga berbeda.



Berikut admin rangkum karakteristik anak dari usia 0 s.d. 5 tahun dan jenis mainan yang cocok untuk usia tersebut.

Usia 0 s.d. 5 bulan
Pada usia ini penglihatan bayi masih sebatas 28 cm, sehingga warna cerah dan kontras akan menarik perhatiannya. Selain itu si bayi juga senang mendengar suara-suara dan musik yang berirama pelan.

Jenis Mainan untuk anak usia ini : Mainan dari karet yang sering disebut perangsang pertumbuhan gigi, Mainan yang dapat digantung, berwarna cerah dan mengeluarkan suara (bola warna warni yang dapat digantung, Box music yang dapat digantung, boneka gantung)

Usia 6 – 11 bulan
Pada usia ini perkembangan fisik motoriknya semakin nyata ia sudah dapat duduk, merangkak, merambat dan mulai melangkah .

Jenis mainan yang cocok untuk anak usia ini : mainan bertekstur dan berbunyi, permukaan mainan tidak rata, dan yang penting non-toksik. Karena ia berada pada fase oral (memasukkan apa saja ke mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya). 

Usia 1 tahun
Pada usia ini sudah dapat berjalan tanpa bantuan, kesukaan anak pada usia ini adalah adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi.

Jenis mainan yang cocok untuk anak usia ini : balok susun dan sejenisnya

Usia 2 tahun
Pada usia ini anak tak kenal lelah dan selalu sibuk. Anak suka berlari, memanjat meja, kursi, dan melompat. kosa katanya makin banyak dengan pengucapan yang jelas mendorongnya ikut-ikutan menyanyi. Sementara kemampuan grafomotornya mulai berkembang ditandai dengan senang mencoret-coret. serta sudah bisa membolak balik halaman buku. 

Jenis mainan yang cocok untuk anak usia ini : bola, storybook dan sejenisnya

Usia 3 – 5 tahun
Anak pada usia 3-5 tahun lebih banyak ke main peran, mewarnai, menempel kertas, atau dia bisa menghias kertas atau benda-benda dengan pita, dan melipat kertas. Usia 3 tahun ke atas juga merupakan usia persiapan sekolah. Karena itu jangan lupa untuk mengajari anak cara memegang pensil dengan baik, berhitung sederhana, mandiri, serta berbagi dengan teman.

Jenis mainan yang cocok untuk anak usia ini : ular tangga (mempertajam kemampuan visualisasi dan memorinya, karena membutuhkan imajinasi atau perhitungan mental), mainan untuk membangun sesuatu (mengenakan pakaian pada boneka dan berbagai aksesorinya, rumah-rumahan, puzzle dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan) dan sepeda.




Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat karena Menstimulasi anak melalui bermain, akan membuat si kecil mengenal dunia sekitarnya dalam situasi yang aman. Ia juga akan belajar mengenal dirinya sendiri, orang lain, lingkungan.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

1 komentar:

  1. Terimasi Atas info nya Gan
    sangat membantu saya dan istri saya.
    apa lagi istri saya sedang mengandung anak pertama saya.
    saya akan mempraktikan saran yang di atas :)

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.