Translate

Saturday, July 5

Menyeduh Susu Dengan Air Panas, Menyebabkan Rusaknya Kandungan Protein

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Menyeduh Susu Dengan Air Panas, Menyebabkan Rusaknya Kandungan Protein
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/07/menyeduh-susu-dengan-air-panas-protein-rusak.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Menyeduh susu untuk anak memang identik dengan air panas. Namun jika menyeduh susu dengan air lebih dari 70 derajat celcius, bisa menyebabkan kerusakan protein susu.


Nurrekta DCN Kes. Selaku  Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo menjelaskan "Rusaknya protein tersebut tentu menjadikan kandungan gizi berkurang bahkan hilang sehingga sama halnya dengan mengkonsumsi air biasa,".

Menurut dia, sebaiknya menyeduh susu dengan air suam-suam kuku. "Tidak semua keluarga memang mempunyai alat untuk mengukur suhu, yang paling praktis yaitu dengan air suam-suam kuku," jelasnya yang qizz234 kutip dari JPNN (5/7).
Walaupun dengan air tidak lebih dari 70 derajat celcius, namun bukan berarti saat merebus air hanya sampai 70 derajat celsius saja.
  
 Perebusan air harus mencapai 100 derajat celcius. Jika tidak mencapai titik didih air, bakteri masih bisa berkembang biak. Peralatan yang digunakan untuk membuat susu juga harus diperhatikan. Terutama untuk anak-anak, tempat dan air yang digunakan harus steril.
  
Meski mengandung banyak gizi, namun jika salah dalam pemasakan juga bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Pemanasan dalam waktu yang lama pada lemak (lebih dari 180 derajat celsius) dapat menyebabkan perubahan warna.
Pada perubahan warna, asam lemak tak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap dapat menghasilkan peroksida yang bersifat karsinogenik (pemicu sel kangker).
  

Selain itu, sebaiknya tidak mendiamkan susu yang telah diseduh. Susu yang dibiarkan akan mengalami oksidasi yang berakibat kurang baik juga untuk kesehatan. Susu harus disimpan pada tempat yang kering.

Kandungan susu  antaralain  karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B12, A, D dan K, kalsium, mineral dan lactoferin yang sangat penting untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh terutama pada anak-anak..
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.