Tes PPPK tidak bebarengan dengan CPNS 2014

Rencana pemerintah untuk menggelar tes penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja PPPK 2014 yang bersamaan dengan jadwal tes CPNS 2014 pada Bulan Agustus mendatang, menemui hambatan.



Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PPPK belum diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan demikian, belum ada Peraturan Pemerintah yang menjadi payung hukum pengadaan PPPK 2014.

Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ) mengatakan : "Sepertinya tidak bisa sama-sama di bulan Agustus. Karena belum ada PP-nya,".

Beliau juga menyebutkan, Agustus mendatang baru seleksi CPNS 2014 yang akan dilaksanakan. Meski begitu formasi dan anggaran untuk pengadaan PPPK sudah disiapkan oleh pemerintah.

Sedangkan untuk  tes PPPK 2014 sendiri diperkirakan September. Nantinya ada 35 ribu formasi yang disiapkan untuk PPPK. Dari 35 ribu itu, 10 ribu dikhususkan bagi penyuluh pertanian.



"Ada kontrak politik antara pemerintah dengan DPR, di mana 10 ribu tenaga harian lepas dan tenaga bantu Kementerian Pertanian menjadi prioritas PPPK," tandasnya.