Translate

Friday, August 1

Demi K-13, Kemendikbud buka teaching clinic

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Demi K-13, Kemendikbud buka teaching clinic
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/08/demi-k-13-kemendikbud-buka-teaching-clinic.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Ilustrasi Online Theacing Clinic

Kabar gembira bagi kita selaku guru yang tanggal 4 agustus 2014 nanti benar-benar menerapkan kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan Kemendikbud berupaya mengatasi satu per satu masalah yang terjadi menjelang penerapan kurikulum 2013 di seluruh sekolah. Salah satunya, problem ketidakpahaman guru mengenai kurikulum baru ini. Karena itu, Kemendikbud membuka teaching clinic (klinik guru) di seluruh kabupaten/kota.




Pemerintah juga menyelenggarakan konsultasi online. Guru bisa berkonsultasi dan sharing soal kendala selama mengajar.

Mendibud  menuturkan, bahwa nilai rata-rata nasional guru yang mengikuti pelatihan adalah 71. Nilai terendah yang diperoleh guru adalah 40, sedangkan nilai tertinggi mencapai 93. Dilihat dari kurva atau grafik oleh Kemendikbud, tidak sampai 10 persen guru di seluruh Indonesia yang meraih nilai terendah. ’’Tapi, karena ada 1,3 juta guru yang ikut pelatihan, jumlahnya kelihatan banyak,’’ tutur dia. Jumlahnya mencapai sekitar 100 ribu orang.

Bagi guru yang nilainya masih berada di bawah rata-rata, Kemendikbud sudah menyiapkan skema pendampingan. Yakni, membuka klinik guru. Semacam klinik pembelajaran. Klinik itu akan dibuka di setiap kabupaten/kota. Yang mengelola klinik adalah lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK). Guru yang sulit mengajar atau menilai bisa berkonsultasi.

Kemendikbud juga membuka online teaching. Sistem tersebut terpusat di Kemendikbud. Guru bisa sharing dan berkeluh kesah secara online. Tim pengelola website itu akan memberikan masukan dan solusi. Dengan berbagai upaya tersebut, pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 diharapkan meningkat. Jadi, saat ada pelatihan ulang, nilai mereka meningkat. Mereka yang nilainya masih berada di bawah standar diharapkan bisa tembus 60.

Sebagaimana diketahui, Papua adalah provinsi dengan nilai rata-rata terendah. Bali menjadi provinsi dengan nilai rata-rata tertinggi. Nilai rata-rata Jatim  mencapai 70,79. Cukup baik, tetapi masih berada di bawah rata-rata nasional.

Mendikbud juga menjelaskan, salah satu perombakan mendasar dalam KURIKULUM 2013 adalah metodologi pembelajaran. Kemendikbud berusaha merombak proses pembelajaran di sekolah. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah observasi. Pendekatan itu akan memunculkan berbagai pengalaman siswa. Mereka diminta dapat mengomunikasikan pembelajaran.




Mendikbud mencontohkan, siswa kelas I SD diberi tugas bercerita tentang dirinya di depan kelas. Seluruh siswa mendapat giliran untuk maju di depan kelas. Bukan hanya siswa yang mau atau berani tampil di depan kelas sebagaimana yang selama ini terjadi.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.