Translate

Saturday, August 16

Kepala Daerah Tak Boleh Sewenang-wenang Berhentikan Pejabat

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Kepala Daerah Tak Boleh Sewenang-wenang Berhentikan Pejabat
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/08/kada-tak-boleh-sewenang-wenang-berhentikan-pejabat.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) membatasi kepala daerah (kada) untuk tidak sewenang-wenang memberhentikan pejabat dalam dua tahun pertama pengangkatannya menjadi kepala daerah. Kecuali apabila pegawai tersebut menyalahgunakan wewenang, melakukan pelanggaran kode etik yang berat, serta tidak sanggup berkinerja.



Eko Prasojo selaku Wakil Menteri PAN-RB menyatakan, dalam pembentukan UU itu sudah diprediksikan untuk menangani dan melindungi pegawai aparatur sipil negara (ASN) dari kesewenang-wenangan kepala daerah dan intervensi politik, sehingga netralitas aparatur dapat terjaga. 

“Banyak terjadi di daerah, yang kepala daerahnya tidak mengindahkan substansi dan syarat kompetensi jabatan,” ujar Wamen ketika menerima kunjungan kerja PNS Kota Palembang di Jakarta, Kamis (14/08).

Dikatakan, Kota Palembang yang saat ini tengah bermasalah kepegawaiannya akan menjadi test case pertama bagi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang terbentuk berdasarkan UU ASN. 

“Selambat-lambatnya KASN akan terbentuk bulan depan, dan kasus di Kota Palembang ini akan menjadi test case pertama untuk menyelesaikan kasus-kasus serupa,” imbuhnya.




KemenPAN-RB selaku pembina kepegawaian di tingkat nasional, memiliki kewenangan untuk mengevaluasi kebijakan dan keputusan yang dibuat oleh kepala daerah. Selanjutnya, KASN mengevaluasi pengangkatan dan pemberhentian pejabat. Kalau ditemukan adanya pelanggaran, KASN mengajukan rekomendasi ke Presiden. Rekomendasi itu bersifat mengikat, mulai dari pengangkatan, pembatalan, menarik kembali, merevisi, bahkan memulihkan jabatan dan pemegang jabatannya yang terjerat kasus.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.