Translate

Saturday, August 30

Tips Sukses Interview Supaya Diterima

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Tips Sukses Interview Supaya Diterima
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/08/tips-sukses-interview-supaya-diterima.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Ilustrasi Wawancara (sumber foto anomiemine)

Wawancara atau Interview  kerja sering kali menjadi hal yang menakutkan. Terutama bagi pencari kerja yang baru kali pertama berhadapan dengan sesi pedekate antara perusahaan dan pelamar itu. Apa saja yang perlu disiapkan? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?



Seperti dilansir JPNN Career coach Ivan Deva bilang, melamar pekerjaan bukanlah mengubah diri agar cocok dengan apa yang diminta perusahaan. Sebaliknya, carilah perusahaan yang membuat kita makin sering melakukan passion dan purpose melalui karya kita. Sudah yakin siap melangkah ke dunia kerja? Berikut daftar panduannya :

Kenali Perusahaan
Sebelum cari tahu tentang perusahaan, kita harus kenali dulu kita ini siapa, apa yang kita suka, dan apa yang kita mau capai dalam hidup. Berdasar itu, baru kita cari informasi yang berkaitan dengan perusahaan.

Nilai Diri Pelamar
Di mata perusahaan, ada 3 informasi utama tentang pelamar yang mereka ingin tahu.
Yaitu:
a.       Bukti motivasi:
Apakah alasan dan latar belakang dari minat pelamar sangat tepat dan kuat? Bukti kemampuan: Kemampuan lahir dari karakter dan dibuktikan dengan peristiwa nyata. Apakah tiga karakter utama kita? Apa buktinya? Apa tiga kekuatan kita? Apa buktinya?
b.      Bukti kecocokan: Apakah selama interview gaya bahasa dan gaya tubuh pelamar cocok dengan budaya perusahaan? Apakah values/beliefs pelamar cocok dengan budaya perusahaan?
c.       Semua hal yang ingin diketahui bersifat bukti. Maka, penting memberikan contoh yang spesifik dan konkret. Tunjukkan karya kita. Sebut nama-nama orang yang bisa mereka kontak untuk membuktikan bahwa apa yang kita katakan bisa divalidasi. Jawaban yang paling tepat adalah jawaban yang sesuai dengan jati diri kita. Lebih baik ditolak karena kita memang bicara apa adanya, daripada bermanis mulut tetapi keluar dari perusahaan tersebut 3 bulan kemudian.

Jangan Lakukan Ini :
Tidak menjadi diri sendiri.
Pada akhirnya kebohongan akan terkuak. Bisa di pertanyaan ketiga atau di bulan ketiga. Dan hidup yang paling berat adalah menjadi orang lain.

Tidak bersiap dengan baik.
Bersiap adalah dengan membaca company profile, merasakan produknya, datang ke outlet-nya, bicara dengan kliennya, kontak dengan teman yang bekerja di sana, mengerti industrinya, dan lain sebagainya. Dalami perusahaan seperti kita mengerti calon pasangan kita.



Tidak profesional dan tidak santun.
Artinya, pelamar harus tepat waktu, tampil rapi, siap dengan hasil karya, serta membawa CV dalam bentuk hard copy beserta ijazah dan surat-surat penting lainnya. Menutup pembicaraan dengan senyum, mengucapkan terima kasih di akhir wawancara, mengirim ucapan terima kasih melalui e-mail di hari yang sama, dll.

Boleh mengajukan pertanyaan kepada pewawancara?
Bukan saja boleh, bahkan harus. Wawancara adalah saling mengenal. Kita perlu tahu apakah perusahaan ini membuat kita makin menjadi kita. Tentu, tidak banyak pertanyaan yang bisa diajukan. Siapkan dua pertanyaan yang menunjukkan seberapa kita siap, serius, dan tahu apa yang kita mau dari pekerjaan ini.

Yang Kadang Terlewat
Bawa karya kita, bisa lewat website atau foto. Bawa notebook untuk menunjukkannya. Ini menunjukkan bukti kompetensi kita. Sering pelamar tidak membawa karyanya dan hanya bercerita.


Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.