cara menghapus data peserta didik pada Dapodikdas 2014

Pada aplikasi DAPODIKDAS 2014 (versi 3.0.0), ada sedikit perbedaan yang terlihat apabila Operator Sekolah (OPS) akan menghapus salah satu peserta didik dikarenakan ada kesalahan (nama ganda). 



Jika pada aplikasi dapodik sebelum nya mudah sekali bagi OPS untuk mengedit atau menghapus data peserta didik, kali ini para OPS harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini, agar dapat menghapus data peserta didik tersebut.

OK langsung saja ke TKP.

Berikut adalah cara menghapus data peserta didik yang sudah pernah anda masukan pada tahun pelajaran 2013/2014 lalu .

Langkah Pertama, klik salah satu nama peserta didik yang ingin anda hapus. Kemudian klik tombol HAPUS yang berada pada menu di bawah nama tabel peserta didik. untuk lebih jelas nya perhatikan gambar berikut ini :
hapus Peserta Didik (PD)



Setelah anda klik tombol HAPUS, Maka akan tampil peringatan seperti pada gambar di bawah ini :
 
Jendela peringatan Hapus PD pada dapodikdas 2014


Peringatan tersebut adalah pengingat untuk pengguna agar peserta didik yang lulus atau keluar dari sekolah karena alasan tertentu tidak boleh dihapus langsung dari fitur ini. Melainkan dikeluarkan dengan cara mengisi registrasi peserta didik (bacalah pada buku manual bab 7.4 Peserta Didik Keluar).

Fitur hapus ini hanya berlaku bagi peserta didik yang memang terdeteksi ganda di aplikasi dapodikdas 2014.

Pada Jendela peringatan hapus PD klik tombol YA, maka akan muncul tampilan beberapa data turunan dari PD itu sendiri, untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :


data turunan PD


Pada gambar di atas terlihat bahwa ada beberapa data turunan di beberapa tabel yang berkaitan dengan peserta didik yang akan dihapus. Jadi untuk dapat menghapus data individual peserta didik, OPS harus menghapus terlebih dahulu data-data turunan nya (dengan kata lain jumlah data di setiap tabel data turunan PD harus NULL).

Contoh pada kasus ini, terdapat 3 data turunan dari nama PD WIWIT AYU LESTARI pada tabel Anggota Rombel yang harus dihapus oleh OPS. Arti nya, PD tersebut sudah terdaftar sebagai anggota rombel di 3 semester berbeda (yakni semester 1 2013/2014, semester 2 2013/2014, dan semester 1 2014/2015).

Maka langkah selanjunya tentu saja OPS harus login di ketiga semester yang berbeda itu, kemudian hapus peserta didik tersebut dari tabel anggota rombel yang ada di rombel. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah ini :
 
login pada semester sebelum nya


Keluarkan PD dari rombel



Setelah OPS mengeluarkan PD dari rombel, langkah selajut nya adalah menghapus data turunan data periodik PD dengan mengeklik tombol HAPUS, untuk data rinci terletak pada data periodik PD, untuk lebih jelas nya lihat gambar berikut :
Data periodik PD

Setelah anda menghapus data periodik PD, langkah selanjut nya adalah
menghapus data Registrasi PD, cara nya masuklah ke menu peserta didik kemudian klik nama PD yang mau anda hapus tadi, lebih jelas nya lihat gambar ini :
Pilih PD yang akan dihapus data registrasi peserta didik nya
Klik tombol Registrasi, maka akan muncul jendela registrasi peserta didik, kemudian klik tombol HAPUS. Agar anda lebih jelas perhatikan gambar berikut :


klik tombol hapus data registrasi peserta didik


Lakukan hal yang sama pada semester-semester lain nya. sampai anda dapatkan tampilan data turunan peserta didik seperti pada gambar di bawah ini :
tampilan data PD dalam keadaan NULL


Nah apabila tampilan data turunan peserta didik dalam keadaan NULL lalu anda klik tombol HAPUS seperti tampak pada gambar diatas, maka artinya data peserta didik tersebut sudah terhapus dari aplikasi Dapodikdas 2014.

Wah... kerja keras nih ! 

Semangat .... Semangat ... Jangan Menyerah !

Sekian sedikit coretan mengenai Cara menghapus data peserta didik pada aplikasi Dapodikdas 2014 terbaru.