Translate

Wednesday, September 3

Keliru tulis berat penumpang, Pesawat Alami Ketidakseimbangan ketika Take-Off

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Keliru tulis berat penumpang, Pesawat Alami Ketidakseimbangan ketika Take-Off
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/09/keliru-tulis-berat-penumpang-pesawat-alami-ketidakseimbangan.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Gara-gara kru pesawat keliru mencantumkan berat penumpang, pesawat milik Maskapai Australia - Qantas mengalami ketidakseimbangan ketika hendak mengangkasa atau take off  dari Bandara Canberra pada awal Mei lalu. Temuan ini terungkap dalam penyelidikan oleh Badan Keselamatan Transportasi Australia.


Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) menyelidiki insidenpesawat Qantas yang melebihi batas kecepatan normal ketika lepas landas dalam penerbangan dari Canberra menuju Perth pada 9 Mei 2014 lalu.
Ternyata hasil penyelidikan menunjukkan insiden ini berawal dari kekeliruan kru darat dalam menghitung berat penumpang. Diketahui dalam penerbangan itu ada serombongan pelajar berjumlah 80 orang, kru darat mencantumkan mereka dengan berat badan orang dewasa yakni 87 kilogram. Padahal berat anak-anak dan pelajar berumur 2-11 tahun biasanya ditulis 32 kg.
Kelompok pelajar itu kemudian ditempatkan di bagian belakang pesawat Boeing 737 milik Qantas.
Akibat kekeliruan pencatatan beban ini, pilot merasakan pesawatnya mengalami ketidakseimbangan dibagian depan alias 'heavy nosed' ketika hendak  melakukan take off dan terpaksa harus menambah kecepatan melebihi batas kecepatan normal pesawat ketika take off yakni sekitar 25 knots.
"Ketika hendak memutar pesawat dan mengangkatnya dari landasan pacu, sang pilot baru menyadari perlu ada tambahan beban di bagian belakang," tulis laporan itu.


"Sadar akan potensi ancaman yang mencolok pada bagian ekor pesawat di landasan jika terlalu banyak tekanandibagian belakang bagi kontrol pesawat, Kapten pilot pesawat itu berusaha mempertahankan tekanan dibagian belakang untuk memudahkan pesawat mengudara.
Kru pesawat  tidak mengalami masalah lagi selama penerbangan.

Laporan tersebut menyatakan Qantas telah memperketat prosedur check-in, untuk memastikan pencatatan bobotpenumpang dengan benar dan pesawat benar seimbang.

Sumber : ABC Australia
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.