Pendaftaran CPNS 2014 Tak Bisa Gunakan Surat Keterangan Lulus


Salah satu persyaratan utama dalam pendaftaran CPNS 2014 adalah ijasah. Sedangkan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijasah sementara yang dikeluarkan oleh sekolah atau perguruan tinggi tidak bisa digunakan dalam pendaftaran seleksi CPNS 2014.


Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KementPAN-RB,  mengatakan bagi pelamar CPNS 2014 yang belum memiliki ijasah sudah pasti akan ditolak atau tidak lulus seleksi administrasi.

“Hal itu sudah berlaku selama ini, yaitu harus menggunakan ijazah asli yang sudah terbukti keabsahannya,” tutur Herman di kantornya, Rabu (3/9).

Menurut nya, selama ini banyak pertanyaan persyaratan ijazah tersebut. Banyak calon pelamar yang baru saja lulus atau wisuda, tetapi ijazahnya belum keluar sampai saat habisnya waktu pendaftaran.

Kenyataan itu, katanya, harus dimaklumi semua pihak, apalagi para sarjana yang sudah mengantongi ijazah pun sangat banyak. 

“Yang belum punya ijasah, mungkin giliran tahun depan,” kata nya.


Selain ijazah, tidak sedikit juga pertanyaan menyangkut TOEFL yang menjadi persyaratan. Menanggapi hal itu, Herman menegaskan bahwa persyaratan TOEFL merupakan persyaratan tambahan, sesuai dengan standar yang diperlukan masing-masing instansi. 

“Bisa jadi,  skor minimal TOEFL yang diminta KemenPAN-RB berbeda dengan Kementerian lain,” tandas nya.