Translate

Sunday, September 21

SILABUS SMK AP PENGANTAR AKUNTANSI K13

Informasi Halaman :
Judul Artikel : SILABUS SMK AP PENGANTAR AKUNTANSI K13
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/09/silabus-smk-ap-pengantar-akuntansi-k13.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
SILABUS MATA PELAJARAN: PENGANTAR AKUNTANSI




Satuan Pendidikan         : SMK
Kelas /Semester            : X / I & II
Kompetensi Inti:
 KI  1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4: mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.3.      Menyadari bahwa Tuhan YME memerintahkan kepada manusia untuk  mencatat setiap kegiatan ekonomi agar terjadi keakuratan, ketertiban, kepercayaan terhadap hasil yang diperoleh
Pengertian, tujuan dan peran akuntansi

Mengamati
·   mempelajari buku teks maupun sumber lain tentang pengertian, tujuan dan peran akuntansi
·   diskusi kelas
·   diskusi kelompok

Menanya
·   berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengertian, tujuan dan peran akuntansi dalam perusahaan

Mengeskplorasi
mengumpulkan data dan informasi tentang pengertian, tujuan dan peran akuntansi dalam perusahaan

Asosiasi
·   menguraikan  kembali informasi yang diperoleh tentang pengertian, tujuan dan peran akuntansi dalam perusahaan
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   mejelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang pengertian, tujuan dan peran akuntansi dalam perusahaan



Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp


































2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi

3.1.  Menjelaskan pengertian, tujuan dan peran akuntansi

4.1    Menguraikan kembali pengertian, tujuan dan peran akuntansi

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
Mengamati
·      Diberikan ilustrasi/tayangan/gambar dari suatu kegiatan bisnis perusahaan
·      mempelajari berbagai sumber tentang pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·      diskusi kelas
·      diskusi kelompok

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Asosiasi
·   menguraikan kembali deskripsi  pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dalam bentuk tulisan tentang pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi

Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok

Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp


















2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi

3.1.  Menjelaskan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi


4.1    Menguraikan kembali pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi











1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Menjelaskan profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi
·   Profesi
·   Jabatan
·   Bidang spesialisasi

Mengamati
·      Diberikan ilustrasi / tayangan / gambar tentang profesi, jabatan dan bidang spesialisasi dalam akuntansi
·       mempelajari berbagai sumber bacaan tentang profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·   menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi

Tugas
·   mencari tulisan/beritaterkait profesi, jabatan dan spesialisasi akuntansi kemudian didiskusikan
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi secara kelompok

Observasi
·     Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp























2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi

3.1.  Menjelaskan profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi


4.1.  Menguraikan kembali profesi, jabatan dan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi


1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Jenis dan bentuk badan usaha

Mengamati
·   Diberikan ilustrasi/ tayangan/ gambar tentang jenis dan bentuk badan usaha
·   mempelajari berbagai sumber bacaan tentang jenis dan bentuk badan usaha
·   diskusi kelas tentang ilustrasi/ tayangan/gambar
·   diskusi kelompok membahas ilustrasi/ tayangan/ gambar

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang jenis dan bentuk badan usaha

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang jenis dan bentuk badan usaha

Asosiasi
·   menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang jenis dan bentuk badan usaha
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang jenis dan bentuk badan usaha
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelas dan kelompok

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp

















2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan jenis dan bentuk badan usaha

4.1.  Menjelaskan jenis dan bentuk badan usaha

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.   Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Mengamati
·      mempelajari berbagai sumber bacaan tentang prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·      diskusi kelas
·      diskusi kelompok

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/ mempresentasikan hasil diskusi dalam bentuk tulisan tentang prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Tugas
·   Diskusi kelompok
·   Membuat notula
·   Merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelas dan kelompok


Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
Tes
·     Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
2 Jp














































2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1    Menjelaskan prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
4.2.  Menguraikan kembali prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Tahap-tahap proses pencatatan transaksi
·  Pencatatan transaksi dalam dokumen
·  Dokumen transaksi dicatat dalam jurnal
·  Posting dari jurnal ke buku besar
·  Menyusun neraca saldo
·  Menyusun laporan keuangan

Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu kegiatan dokumentasi bisnis perusahaan
·      mempelajari berbagai sumber bacaan tentang tahap-tahap proses pencatatan transaksi
·      diskusi kelas terkait pemberian studi kasus
·      diskusi kelompok untuk menyelesaikan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang tahap-tahap proses pencatatan transaksi

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang tahap-tahap proses pencatatan transaksi

Asosiasi
·      menguraikan kembali  informasi yang diperoleh tentang tahap-tahap proses pencatatan
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang tahap-tahap proses pencatatan

Tugas
·   mencari contoh kegiatan bisnis perusahaan dan membuat penjelasannya
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi kelompok

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelas dan kelompok
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
4 Jp

















2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan tahap-tahap proses pencatatan transaksi
4.1.  Menguraikan kembali tahap-tahap proses pencatatan transaksi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Transaksi bisnis perusahaan
·   Pengertian  transaksi bisnis
·   Kelompok transaksi bisnis
·   Jenis transaksi bisnis
·   Pengaruh transaksi bisnis pada proses pencatatan
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu kegiatan transaksi bisnis perusahaan
·      membaca buku teks maupun sumber lain tentang transaksi bisnis perusahaan
·      diskusi kelas terkait ilustrasi/tayangan
·      diskusi kelompok untuk menyelesaikan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang transaksi bisnis perusahaan

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan berbagai informasi tentang transaksi bisnis perusahaan

Asosiasi
·      menguraikan kembali deskripsi transaksi bisnis perusahaan
·      Menyimpulkan dari materi keseluruhan

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang transaksi bisnis perusahaan
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Cek list  lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatan tugas individu

Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
·     Laporan tertulis individu

Tes
·     Tes tertulis  uraian dan/atau pilihan ganda
8 Jp


























































2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan transaksi bisnis perusahaan
4.1.  Menguraikan kembali transaksi bisnis perusahaan
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Persamaan dasar akuntansi
·   Pengertian  persamaan dasar akuntansi
·   Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
·   Bentuk persamaan dasar akuntansi
·   Fungsi persamaan dasar akuntansi
·   Analisis pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi
·   Teknik mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
·   Menyusun persamaan dasar akuntansi
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan dari suatu kegiatan transaksi bisnis perusahaan
·      mempelajari sumber bacaan lain tentang persamaan dasar akuntansi
·      diskusi kelas terkait ilustrasi/tayangan
·      diskusi kelompok untuk menyelesaikan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang persamaan dasar akuntansi

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan berbagai informasi tentang persamaan dasar akuntansi

Asosiasi
·      menguraikan kembali deskripsi persamaan dasar akuntansi
·      Menyimpulkan dari materi keseluruhan

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
·      menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang persamaan dasar akuntansi
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula diskusi kelompok
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Cek list  lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatan tugas individu

Portofolio
·     Laporan tertulis kelompok
·     Laporan tertulis individu

Tes
·     Tes tertulis  uraian dan/atau pilihan ganda

16 Jp


























































2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan persamaan dasar akuntansi
4.1.  Menyusun persamaan dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Mencatat transaksi dalam akun
·   Analisis transaksi
·   Analisis akun
·   Analisis pengaruh transaksi terhadap akun
·   Membuat pencatatan transaksi ke dalam akun
Mengamati
·      diberikan ilustrasi/tayangan/gambar dari suatu kegiatan pencatatan transaksi dalam akun
·      mempelajari buku teks maupun sumber lain tentang pencatatan transaksi
·      diskusi kelas terkait pemberian studi kasus
·      diskusi kelompok untuk menyelesaikan studi kasus

Menanya
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pencatatan transaksi dalam akun

Mengeskplorasi
·      mengumpulkan berbagai informasi tentang pencatatan transaksi dalam akun

Asosiasi
·      menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang pencatatan transaksi dalam akun
·      menyimpulkan dari keseluruhan materi

Komunikasi
·      memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama diskusi
·      menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan tentang pencatatan transaksi dalam akun
Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkumhasil diskusi
·   studi kasus individu

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
·   cek list lembar pengamatan tugas individu

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
·   Laporan tertulis individu
Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda


24 Jp

















2.3.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.4.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan persamaan dasar akuntansi
4.1.  Menerapkan persamaan dasar akuntansi
1.1.      Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan pengetahuan yang salah satunya keteraturan melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi
Laporan keuangan
·      Pengertian laporan keuangan
·      Fungsi laporan keuangan
·      Jenis laporan keuangan
·      Bentuk laporan keuangan
·      Cara menyusun laporan keuangan
·      Menyusun laporan keuangan
Mengamati
·   Diberikan ilustrasi/tayangan/gambar tentang laporan keuangan dari beberapa perusahaan
·   Mempelajari berbagai sumber bacaan terkait materi laporan keuangan
·   Diskusi kelas dari sebuah studi kasus
·   Diskusi kelompok untuk menyelesaikan studi kasus
·   Mengerjakan tugas individu

Menanya
·   berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang laporan keuangan

Mengeskplorasi
·   mengumpulkan berbagai informasi tentang laporan keuangan

Asosiasi
·   menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang laporan keuangan
·   menyimpulkan dari keseluruhan materi
·   menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang laporan keuangan

Komunikasi
·   memberikan pendapat, masukan, tanya jawab selama diskusi
·   menjelaskan / mempresentasikan hasil diskusi/praktek dalam bentuk tulisan

Tugas
·   diskusi kelompok
·   membuat notula
·   merangkum hasil diskusi
·   studi kasus kelompok
·   tugas individu

Observasi
·   Ceklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
·   Cek list lembar pengamatantugas individu

Portofolio
·   Laporan tertulis kelompok
·   Laporan tertulis individu

Tes
·   Tes tertulis bentuk uraian dan atau studi kasus

14 Jp

















2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan akuntansi
3.1.  Menjelaskan cara menyusun laporan keuangan
4.1.  Menyusun laporan keuangan










Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.