Translate

Thursday, October 30

Ayo, buat anak kita memiliki sifat jujur dan terbuka

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Ayo, buat anak kita memiliki sifat jujur dan terbuka
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/10/ayo-buat-anak-kita-memiliki-sifat-jujur.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Anak yang mempunyai sikap terbuka dan jujur terhadap orang tua adalah dambaan setiap insan yang diamanatkan kepada kita dari sang maha pencipta. Oleh karena itu sudah kewajiban kita lah merawat, menjaga, dan mendidik agar kelak menjadi insan yang baik.

Berikut ini cara membuat anak bersikap terbuka danjujur Yang qizz234 kutip dari Tabloid Nova (24/04/14) :

Bahasa Anak 
* Gunakan kata-kata dan frasa yang anak mengerti.
* Berikan jawaban langsung ke pertanyaan rumit.
* Ketika anak bertanya hal-hal yang menurut Anda canggung, jangan menghindar. Jawablah sebaik mungkin dengan cara yang tepat tanpa mengurangi makna.

Bicara Terbuka dan Jujur 
Jika Anda ingin membuat anak terbuka dan jujur , Anda pun harus demikian. Semakin Anda terbuka dan santai, semakin anak merasa mampu berbicara tentang apa pun yang mengkhawatirkan mereka.

Minta Anak Menceritakan Pikirannya 
Mengetahui apa yang di pikiran anak sangatlah penting. Dengan demikian Anda bisa tahu apakah apakah yang ada di benaknya mengenai suatu hal benar atau salah. Dengan mengetahui pikirannya, Anda bisa membantu anak memahami daerah “abu-abu” untuk mendorong mereka mengekspresikan pendapat dan mengembangkan penilaian mereka akan sesuatu hal.


Aktif Mendengarkan 
Saat ia berkata-kata atau bicara, tunjukkan kalau Anda sangat tertarik dengan apa yang dikatakannya. Buatlah ekspresi mengangguk, tersenyum, dan ajukan pertanyaan yang menunjukkan Anda tertarik.
Dengan begitu anak merasa berarti, dan di waktu selanjutnya akan merasa nyaman datang kepada Anda jika ada sesuatu yang benar-benar mengganggu mereka.


Selain tips diatas, anda juga harus tahu bahwa orangtua merupakan panutan si kecil. seperti dilansir Kompas (24/04/14). Banyak orang tua yang tidak sadar bahwa kebiasaan mereka yang sering berbohong pada orang lain, diperhatikan oleh anak, untuk kemudian diartikan sebagai sikap yang normal dan tidak salah.

Cara efektif untuk membuat anak jujur dapat dilakukan dengan pendekatan halus dan menghibur. Jangan menakuti anak atau mengancam mereka bila ketahuan berbohong. Pola asuh yang demikian justru akan membuat anak lebih sering tidak jujur dan memilih menutupi kenyataan dari orang tua. 
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.