Translate

Monday, October 13

Baru berusia 11 Tahun, Sudah Ikut Ujian Akhir SMA

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Baru berusia 11 Tahun, Sudah Ikut Ujian Akhir SMA
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/10/baru-berusia-11-tahun-sudah-ikut-ujian-sma.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!


Seorang pelajar yang usia nya baru menginjak 11 tahun, Jonah Soewandito, dari sekolah swasta Scott College di Sydney menjadi peserta termuda ikut dalam ujian sekolah menengah (HSC) di negara bagian New South Wales yang dimulai Senin (13/10/2014).
HSC adalah kepanjangan dari Higher School Certificate, satu-satunya tanda seseorang lulus sekolah di negara bagian New South Wales yang setara dengan ujian akhir SMA di Indonesia. Ujian ini biasanya diikuti oleh para pelajar yang berada di kelas 12, dan usia antara 16-17 tahun.
Jonah Soewandito baru berusia 11 tahun, dan sekarang sudah berada di kelas 12, sementara teman-teman seusia nya pada umum nya masih di kelas 6.
Jonah yang sedang mengikuti pendidikan di Scots College ini akan ikut ujian mata pelajaran matematika dan kimia untuk tahun ini dan tahun depan akan menjalani ujian untuk mata pelajaran matematika lanjutan, fisika, dan bahasa Inggris.
Dalam usia 11 tahun, Jonah akan menjadi siswa termuda tahun ini yang ambil bagian dalam HSC, dan merupakan salah satu yang termuda yang pernah ikut ambil bagian dari ujian HSC di New South Wales.
Mereka yang mengikuti HSC ini, setiap tahun nya bertambah dan di tahun 2015 ini peserta nya adalah 76.679 orang.
Dari nama keluarga nya, Jonah tampaknya berasal atau memiliki darah Indonesia, namun kepada wartawan ABC International, L. Sastra Wijaya, Scots College hari Senin (13/10/2014) tidak mau mengukuhkan hal tersebut.
"Yang kami tahu Jonah adalah pelajar yang lahir di Australia," kata seorang staf di sana.
Ini disebabkan tampak nya karena cerita mengenai Jonah Soewandito ini muncul dalam pemberitaan di Sydney Morning Herald (SMH) hari Minggu (12/10), dan sejak itu banyak media lain termasuk radio dan televisi, ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Jonah dan keluarganya.
"Untuk sementara, keluarga tidak mau berbicara lagi dengan media, karena tidak mau memberikan tekanan berlebihan untuk Jonah yang sekarang sedang serius bersiap menghadapi ujian," kata staf tersebut.
Menurut SMH, Jonah Soewandito adalah murid yang berbakat yang sudah diketahui kecerdasan nya sejak usia 4 tahun. Dia tidak lagi melewati masa taman kanak-kanak dan langsung duduk di kelas 1. Ketika di kelas 3, Jonah langsung dipercepat masuk ke kelas 5 karena dia sudah lebih maju dibandingkan teman-teman sekelas nya.

Tahun lalu, Scots College mengorganisir agar Jonah bisa belajar ilmu kimia lewat lembaga terkenal di Amerika Serikat, Pusat John Hopkins bagi Anak-anak Berbakat, dan sekolah ini dilaporkan sudah berbicara dengan beberapa universitas mengenai kemungkinan Jonah kuliah setelah menyelesaikan HSC tahun depan.

Menurut salah seorang guru nya, Chris Metcalfe, Jonah sudah belajar kimia sejak kelas 3 dimana pengetahuan kimia nya sudah setara dengan mereka yang duduk di kelas 11.

"Jonah adalah murid paling berbakat yang pernah saya ajar." kata Metcalfe.


Tidak seperti murid-murid berbakat lain nya yang kadang hanya mengetahui satu subjek saja, Jonah Soewandito terlibat dalam banyak kegiatan di sekolah.
Di saat teman-teman nya di kelas 12  dalam beberapa minggu terakhir tidak lagi hadir sekolah namun belajar di rumah guna menghadapi ujian, Jonah tetap hadir di sekolah setiap hari.
"Saya senang ke sekolah, sehingga bisa istirahat dari kegiatan belajar guna menghadapi ujian." katanya.
Scots College mengatakan bahwa ketertarikan Jonah akan bidang sains sudah terlihat sejak kecil, karena ketika masih kecil, dia sudah bisa menjelaskan anatomi manusia yang kompleks.


"Saya senang sains karena masih banyak penemuan yang bisa dilakukan. Saya ingin bisa menemukan obat untuk penyakit penting khususnya kanker, karena ini masih merupakan penyakit yang paling mematikan."
Dan bakat Jonah tidak terbatas pada matematika dan sains saja. Dia juga berharap kemampuan nya menulis kreatif akan digunakan nya untuk menerbitkan novel di satu saat nanti. Dia juga memainkan alat musik perkusi, suka bermain sepak bola dan basket.

Sumber : ABC

Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.