Translate

Wednesday, October 29

Cara Merawat Printer Biar Awet

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Cara Merawat Printer Biar Awet
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/10/cara-merawat-printer-biar-awet.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Lagi buka fb gak tau nya admin dapat  requez tentang bagaimana sih cara sekolah memanajemen pemakaian printer supaya awet ? Bagaimana dengan anda? Pernahkah anda mengalami masalah yang berhubungan dengan kerusakan printer?


Biasanya printer ketika sedang asyik-asyiknya digunakan atau yang lebih mendesak lagi ketika sedang banyak pekerjaan tiba-tiba sang printer mengalami kerusakan, hal ini tentu nya sangat merepotkan. Untuk itu admin qizz234 mau share tentang tips merawat printer (baik itu canon IP 1980, canon IP 2770, canon pixma mp250, canon pixma mp280, Epson T, Epson L100, Epson L150, Epson L200, Epson L300, Epson R230, HP D 100, dan masih banyak lagi tipe-tipe printer lain nya).

Berikut cara merawat printer supaya awet serta tahan lama :

1. Usahakan untuk mencetak setiap hari
            Jika printer anda sudah infusan (infus sendiri, bukan bawaan pabrik nya) anda harus melakukan kebiasaan satu hari minimal mencetak 1 (satu) lembar. Beda hal nya ketika printer anda masih standar tidak diinfus (jika diinfus pun bawaan dari pabrikan nya) minimal dinyalakan saja setiap hari sudah cukup. Hal ini tentu nya sangat berguna, agar tinta tidak mengendap di catride yang membuat tinta tidak bisa keluar. Apabila sudah terlanjur mengedap, silahkan anda coba merendam catride di air hangat sampai tinta yang mengendap keluar, kemudian bersihkan atau anda dapat mengeringkan nya dengan tisu.

2. Manfaatkan fasilitas maintence (Head Cleaning) secara berkala.
Hal ini tentunya bertujuan supaya tinta selalu keluar dengan lancar.
Jagalah kebersihan printer secara teratur, jangan sampai ada benda asing yang masuk sehingga menyebabkan printer macet dan tidak awet. Caranya klik tombol maintence seperti terlihat pada gambar di bawah ini : 





3. Jangan mencetak dalam jumlah banyak sekaligus
           Misalkan anda akan mencetak naskah sebanyak 200 lembar, sebaiknya jangan langsung mencetak semuanya dalam 1 kali perintah. karena hal tersebut dapat membuat catride cepat panas. Solusi nya biasakan anda mencetak secara bertahap (sebagai contoh 10 lembar), kemudian printer di istirahatkan sebentar, selama 5 - 10 menit. baru anda mulai mencetak 10 lembar lagi, dan seterus nya.

4. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. 
           Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.
Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.



5. Matikan printer dengan tombol power, agar posisi catride kembali ketempat semestinya.            Maka dari itu jangan membiasakan mematikan printer melalui stop kontak.


Demikian sedikit tips mengenai cara merawat printer supaya awet, semoga dapat menjadikan referensi bagi anda dalam merawat printer.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

2 komentar:

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.