Puluhan Peserta Tes CPNS 2014 Panik karena Server Ngadat


Ada Puluhan peserta tes CPNS 2014 menggunakan sistem CAT gelombang pertama di SMK Negeri Wonoasri, mendadak setres karena komputer untuk CAT mendadak ngadat sehingga tidak berfungsi normal.


"Kami panik dan was-was, karena tiba-tiba jaringan komputer ngadat. Kalau nggak salah, ada 14 peserta yang mengeluhkan server macet," terang Yustafa, seorang peserta tes CPNS 2014 kepada Surya, Selasa (14/10/2014).

Yustafa mengatakan, ngadat nya server terjadi saat peserta hendak memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta password untuk memulai mengerjakan soal-soal tes.

"Hampir terjadi selama 30 menitan. Memang belum makan waktu, tetapi kami kalah cepat dengan peserta yang servernya tidak ngadat," imbuh nya kepada surya

surya mengabarkan Peserta lain nya, Mulyono mengaku waktu 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal tak sebanding dengan tingkat kesulitas soal yang di atas rata-rata.

"Jelas sulit, kami harus mengerjakan satu soal tidak sampai satu menit kalau mau selesai semua," kata nya.

Sementara panitia yang menangani operator sistem CAT, Siti Nurul CH berkilah kendala yang terjadi karena ada belasan peserta tes mendahului instruksi untuk 'log in' yang dianjurkan panitia seleksi.

"Jaringan koneksi sudah diatur sedemikian rupa, mereka mau log in sebelum ada instruksi panitia makanya ngadat. Untung bisa diperbaiki secepatnya," ucap nya.

Seperti diberitakan surya Bupati Madiun Muhtarom yang secara mendadak mendatangi lokasi tes menganggap, pelaksanaan sistem CAT sudah cukup baik. Masalah server ngadat, pihak nya menganggap sebagai masalah teknis tapi tidak berdampak fatal bagi peserta maupun pelaksanaan secara keseluruhan.


"Masalah waktu mepet dan soal dianggap peserta sulit, itu sudah ada standarnya dari panitianya," jelas nya.

Untuk melihat materi dan proses TKD CPNS 2014 klik disini

Anda juga dapat membaca passing grade CPNS 2014