Translate

Thursday, October 23

TKB CPNS Kemenlu Tahun Depan Pakai CAT

Informasi Halaman :
Judul Artikel : TKB CPNS Kemenlu Tahun Depan Pakai CAT
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/10/tkb-cpns-kemenlu-tahun-depan-pakai-cat.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menjadi instansi yang pertama melaksanakan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dalam seleksi penerimaan CPNS tahun 2014. Kalau tahun ini masih menggunakan lembar jawaban computer (LJK), tahun depan akan menggunakan sistem CAT dengan lebih banyak variasi soal, sehingga peserta tes tidak harus ke Jakarta dalam mengikuti tes.


Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, Kemenlu melaksanakan sejumlah rangkaian tes seleksi CPNS, sehingga memerlukan waktu lebih lama. Mulai dari Tes Kompetensi Dasar (TKD), TKB yang meliputi ujian tulis substansi, pengujian bahasa asing yang direferensi peserta, wawancara dengan panitia seleksi Kemenlu, tes psikologi, dan tes kesehatan fisik.

Tes kesehatan mental pun diujikan dalam proses akhir, karena dinilai penting untuk mengukur tingkat stress seseorang bila dihadapkan pada suatu keadaan yang menekan mental nya.

“Tes mental perlu dalam seleksi CPNS Kemenlu ini, karena kalau menjadi diplomat yang ditempatkan di negeri yang rawan, pasti otomatis teruji mentalnya dalam keadaan tengah di-pressure,” ujar Atmaji, Kamis (23/10).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, untuk menjadi CPNS tidak hanya berbekal pintar saja, melainkan mental yang kuat bila menghadapi tekanan baik dari atasan maupun kondisi sekitar nya.

“Sekarang arah penyeleksian CPNS lebih dinilai ke logika si peserta tes CPNS dan mampukah dia menuangkannya dalam sebuah konsep,” imbuh nya.

Dalam pengadaan CPNS tahun 2014 ini, Kemenlu mendapat jatah 175 formasi, yang terdiri dari 150 formasi untuk jabatan Diplomatik dan Konsuler (lulusan S1 100 orang dan S2/S3 50 orang) dan 25 formasi untuk jabatan Pengadministrasi Keuangan, Pengadministrasi Anggaran, Verifikator Keuangan, dan Bendahara (lulusan D 3). Selain itu, Kemenlu juga mendapatkan 10 formasi khusus yang terdiri dari 2 formasi untuk Putra/Putri Papua dan 8 formasi untuk Putra/Putri terbaik bangsa.

Pelaksanaan ujian tulis substansi berlangsung selama 3 jam dengan menggunakan bahasa Inggris, mencakup pertanyaan pilihan ganda sebanyak 90 soal dan esai 2 soal tentang motivasi dan substansi.

Tahun 2013 peserta TKD sebanyak 5.800 orang, namun yang lolos TKD hanya 1.800 orang. Sedangkan tahun ini, jumlah pelamar yang lolos administrasi sebanyak 1.800 orang, sementara yang lolos TKD hanya 1.000 orang.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.