Translate

Wednesday, December 17

Cara melakukan pemetaan Subtema, KD dan Indikator pada aplikasi rapor Kemdikbud

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Cara melakukan pemetaan Subtema, KD dan Indikator pada aplikasi rapor Kemdikbud
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/12/cara-melakukan-pemetaan-subtema-kd-indikator-rapor-kemdikbud.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Bagi anda yang sudah mendownload aplikasi resmi rapor kemdikbud, baik itu aplikasi rapor SD, aplikasi rapor SMP, aplikasi rapor SMA dan aplikasi rapor SMK. tentunya dengan update versi terbaru.

Setelah anda mendownload aplikasi tersebut kemudian anda melakukan proses instal, jika anda belum memahami caranya silahkan baca cara instal aplikasi rapor kemdikbud baik SD/SMP/SMA/SMK.

Apabila anda merasakan kendala dalam melakukan proses instalasi ulang aplikasi rapor kemdikbud, baca cara solusi untuk mengatasi permasalahannya.

Selanjutnya anda harus sinkronisasi antara aplikasi rapor kemdikbud dengan aplikasi dapodik, baca juga cara melakukan sinkronisasi antara aplikasi rapor kemdikbud dengan dapodik. Wah tentunya repot juga ya karena aplikasi rapor kemdikbud hanya dapat dipasang atau dapat diinstal hanya pada kompuer atau laptop yang sebelumnya telah terpasang atau terinstal aplikasi dapodik, tentunya hanya laptop milik Operator Sekolah seorang. tetapi itu bisa disiasati, silahkan baca mengenai cara setting atau mengatur supaya aplikasi rapor kemdikbud dapat berjalan pada komputer guru yang belum terinstal aplikasi dapodik.

Apabilah sudah berhasil silahkan login atau masuk aplikasi rapor resmi kemdikbud SD/SMP/SMA/SMK dengan memasukan NUPTK masing-masing guru. Tentunya sebagian guru ada yang belum mempunyai NUPTK, silahkan baca cara untuk login aplikasi rapor kemdikbud bagi guru yang belum mempunyai NUPTK.

Didalam aplikasi rapor kemdikbud, ada tab yang harus dikerjakaan oleh guru yaitu pemetaan sub tema, pemetaan keompetensi dasar (KD), dan pemetaan indikator.



Memang bagi guru masalah pemetaan mungkin tidak terlalu membingungkan, akan tetapi jika aplikasi rapor kemdikbud yang mengerjakan adalah operator yang basic nya bukan guru tentu perlu banyak referensi dalam mengerjakan pemetaan pada aplikasi rapor kemdikbud ini.

Berikut admin qizz234 berikan sedikit gambaran mengenai langkah-langkah pemetaan pada aplikasi rapor kemdikbud kurikulum 2013 yang terhubung dengan dapodik:

1. Login aplikasi rapor kemdikbud dengan NUPTK atau user (email bagi guru yang belum mempunyai nuptk).

2. Setelah anda berhasil login langsung saja klik tab pemetaan, karena disini akan kita bahas mengenai pemetaan pada aplikasi rapor kemdikbud.

3. Setelah anda klik tab pemetaan, maka akan muncul 3 sub yaitu pemetaan subtema, pemetaan kompetensi dasar atau pemetaan KD, dan pemetaan indikator.

4. Pertama lakukanlah pemetaan subtema dengan cara seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
gb. pilih subtema

gb. pilih kelas
5. Maka akan muncul tampilan seperti ini :

gb. pilih sub tema yang mau anda tambah mata pelajarannya

gb. setelah anda klik tombol tambah mata pelajaran, selanjutnya pilih mata pelajaran yang mau anda tambahkan

6. Setelah anda melakukan pemetaan pada subtema, selanjutnya adalah pemetaan kompetensi dasar caranya dengan mengklik tombol pemetaan kompetensi dasar seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


7. Kemudian akan muncul tampilan dibawah ini, silahkan ada perhatikan tanda merah pada gambar:
silahkan pilih mata pelajaran
                                   

silahkan pilih KD pada mapel dan KD pada subtema
   keterangan : untuk melakukan pemetaan kompetensi dasar, anda dapat melihat buku guru.

pemetaan KD pada buku guru kurikulum 2013

7. Langkah selanjutnya adalah pemetaan indikator, sebelum anda melakukan pemetaan indikator silahkan anda pilih kelas, semester, tema, subtema, mata pelajaran, kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD). Agar lebih jelas perhatikan gambar:
                                  

8. Langkah terakhir adalah memilih indikator yang terletak pada kolom sebelah kiri layar monitor anda (master indikator) kemudian tarik indikator yang anda pilih ke kolom indikator (kolom sebelah kanan layar monitor anda). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar :






padahari ini kemdikbud telah meluncurkan aplikasi rapor SD 1.0.3 dengan berbagai kelebihan.

Setelah anda melakukan pemetaan langkah selanjutnya adalah mengisi penilaian pada aplikasi rapor SD kemdikbud kurikulum 2013

Demkian sedikit tips mengenai Cara melakukan pemetaan Subtema, KD dan Indikator pada aplikasi rapor Kemdikbud.





Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.