Cara mengatasi tidak bisa login ke vervalpd, vervalsp, atau cek data peserta UN

Laman sdm.data.kemdikbud.go.id yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PSDP) telah diluncurkan, Silahkan lakukan pendaftaran anggota pada laman tersebut dengan langkah yang akan admin qizz234 share, Sehingga nantinya anda tidak akan mengalami kasus tidak bisa login ke vervalpd, dan vervalsp serta tidak bisa login ketika mau cek data peserta ujian nasional di laman un.data.kemdikbud.go.id seperti kebanyakan teman-teman OPS



Karena dengan langkah berikut ini anda akan dapat mengakses data NISN siswa (vervalpd.kemdikbud.go.id), data NUPTK guru atau pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) melalui situs (vervalptk.data.kemdikbud.go.id), data satuan pendidikan (vervalsp.data.kemdikbud.go.id), cek peserta Ujian (un.data.kemdikbud.go.id), dan laporan penerimaan buku kurikulum 2013 (http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/laporan/) :


1. Cara mendaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id seperti ini :
a. Masuk ke situs sdm.data.kemdikbud.go.id, kemudian klik tab registrasi anggota > pilih operator sekolah. seperti terlihat pada tampilan berikut ini:

b. Setelah anda memilih tab registrasi anggota operator sekolah maka akan tampil seperti ini :

c. Silahkan isi form yang telah disediakan, dan yang terakhir adalah lampirkan surat tugas operator sekolah. bagi yang belum mendapatkannya silahkan download SK Operator sekolah yang di rekomendasikan.

d. Setelah anda melampirkan SK Operator Sekolah dalam format .pdf kemudian anda klik tombol registrasi.

e. Silahkan anda tunggu konfirmasi atau persetujuan dari admin.

f. Setelah beberapa saat silahkan anda cek status keanggotaan anda melalui tab status pendaftaran. Masukanlah e-mail yang telah anda daftarkan, kemudian klik tombol cek. berikut tampilannya :

 g. Apabila e-mail anda telah terdaftar maka akan muncul pesan "Akun sudah aktif, silahkan login." 

h. Silahkan login menggunakan email dan pasword yang telah anda daftarkan sebelumnya. Pastikan anda mengetik tulisan dari gambar captcha dengan benar. berikut tampilannya :



2. Cara mengatasi masalah ketika registrasi muncul pesan "Akun Operator sudah tersedia" dengan kata lain Akun sudah terdaftar tapi saat login muncul pesan user/password tidak terdaftar :
a. Konfirmasi kepada admin SDM-PDSP
b. Lampirkan Konfirmasi : Biodata dan surat penugasan di atas
c. Kirimkan ke : registrasisdm@gmail.com