Translate

Tuesday, December 23

Cara merekam aktivitas screen (tampilan) laptop/komputer

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Cara merekam aktivitas screen (tampilan) laptop/komputer
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/12/cara-merekam-aktivitas-screen-untuk-dijadikan-video.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Untuk dijadikan video tutorial




Sekarang ini sudah banyak sekali video tutorial mengenai cara penggunaan aplikasi komputer yang telah diupload di youtube, baik tutorial mengenai aplikasi rapor kemdikbud, tutorial mengenai aplikasi dapodik, tutorial belajar ms. word, ms. excel, powerpoint, dan masih banyak lagi yang admin qizz234 tidak bisa sebutkan satu persatu.

Setelah anda melihat berbagai macam tutorial yang video tersebut berupa tampilan screen komputer, apa yang anda pikirkan kira-kira bagaimana sih membuat tutorial menggunakan tampilan screen komputer? apakah menggunakan video recorder sama seperti orang membuat sebuah video? tara... ternyata untuk membuat sebuah tutorial dengan tampilan screen komputer cukup mudah dan tidak perlu menggunakan video recorder (entah itu handycam atau pun HP). kita hanya memerlukan bantuan software khusus yang dirancang untuk dapat merekam aktivitas screen komputer. dan hasilnya memuaskan.Selain itu anda juga dapat memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video aslinya.

Berikut beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk merekam screen komputer untuk dijadikan video:

1. Free Screen recorder
    Free Screen Recorder adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk merekam screen komputer atau dengan kata lain dengan menggunakan software tersebut kita dapat merekam aktifitas screen suatu komputer untuk dijadikan sebuah video. Untuk format video ouput dari free screen recorder adalah AVI.
Bagaimana cara menggunakan free screen recorder? berikut penjelasannya :
a. Bukalah aplikasi free screen recorder, maka akan tampil seperti ini :


b. Setelah anda masuk pada tampilan seperti diatas, kemudian anda pilih tab Option > general options
c. Setelah anda pilih tab general options maka pilih lah sesuai kebutuhan anda (normal/fixed region/full screen) kemudian jangan lupa klik tanda centang pada radio button minimaze program on start recording (tujuannya ketika anda memulai proses perekaman screen maka program akan otomatis ke tampilan minimaze) lebih jelasnya lihat tampil berikut ini :

d. setelah anda mengatur program free screen recorder seperti diatas, maka mulailah anda merekam video pertama anda dengan tombol lingkaran merah dan menghentikan perekaman screen dengan menekan tombol kotak warna biru.


2. Camstudio
Camstudio adalah sebuah aplikasi perekam video yang cukup populer dan mungkin terbaik di kelasnya. Camstudio dapat merekam aktivitas layar, termasuk audio. Penggunaannya juga cukup mudah disamping antarmuka yang sederhana. Format video yang dihasilkan adalah standard AVI.

3. Tipcam
Tipcam juga salah satu software yang mampu merekam seluruh layar windows atau area tertentu saja. Tampilan aplikasi ini mungkin sedikit berbeda dengan program-program sebelum nya.


Demikian Cara merekam aktivitas screen (tampilan) laptop/komputer dengan beberapa software perekam gratis


Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.