Translate

Wednesday, December 31

Ditemukan Jejak Patih Gajah Mada

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Ditemukan Jejak Patih Gajah Mada
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/12/ditemukan-jejak-patih-gajah-mada.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
sumber gambar : toelank.wordpress.com

Jombang, Jawa Timur mempunyai arti penting, bagi lintasan sejarah Indonesia menyusul terbaca nya Prasasti Kusambyan di Desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh.


Seperti dilansir surya, Dari penelitian Litbang Bappeda Jombang bersama Pusat Arkeologi Nasional (Arkenas) akhir 2013, prasasti Kusambyan berasal pada masa pemerintahan Sri MaharajaRake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa, Raja Kahuripan (1019 –1042 M).
Inswiardi, salah satu tim Arkenas, mengatakan, meski pada prasasti itu tidak terdapat angka dan tahun karena sudah rusak, namun dari paleografinya, dapat diketahui berasal dari masa Raja Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa.
Dalam prasasti itu disebutkan dua lokasi penting, yaitu Keraton Madander dan Desa Kusambyan yang dikukuhkan menjadi daerah atau tanah perdikan.
“Kata Madander ini mengingatkan kita kepada teks Pararaton, yang menyebut Desa Badander sebagai tempat Raja Majapahit Jayanegara disembunyikan Patih Gajah Mada dalam satu peristiwa yang dikenal dengan nama peristiwa Badander,” terang Inswiardi yang qizz234 kutip dari surya (31/12).
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.