Translate

Saturday, December 27

Lagi, HP meledak ketika dicharge. berikut cara mencegahnya

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Lagi, HP meledak ketika dicharge. berikut cara mencegahnya
URL : http://qizz234.blogspot.com/2014/12/hp-meledak-berikut-cara-mencegahnya.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
ilustrasi

Setelah sebelumnya, sebuah akun Facebook(FB) dari seorang menamakan diri nya Dewi Mardiningrum mengunggah sebuah statusmeledak nya handphone (HP) saat digunakan menerima panggilan yang saat itu HP dalam kondisi pengisian baterai (sedang di charge).


Kali ini Seorang pemilik akun jejaring sosial Reddit atas nama S-Blade, telah memposting foto yang cukup mengejutkan. Pengguna tersebut mengunggah foto yang menampilkan ponsel LG G3 terbakar di tempat tidur saat sedang melakukan pengisian baterai (charge).

Phone Arena, mengabarkan, Smartphone LG G3 tersebut hanya diletakkan di atas tempat tidur untuk melakukan proses charging, dan tidak diletakkan di bawah selimut. Ponsel tersebut sempat digunakan hanya satu menit sebelum terjadi kebakaran. Pengguna juga melaporkan bahwa tidak ada tanda-tanda seperti ponsel memanas sebelum kejadian berlangsung. 

Semua komponen yang terdapat di perangkat smartphone tersebut itu masih dalam bentuk asli seperti baterai dan charger resmi buatan LG. Biasa nya, peristiwa meledak nya sebuah smartphone akibat ponsel tersebut menggunakan baterai atau charger pihak ketiga (bukan buatan resmi).

Tentunya kejadian seperti di atas, jangan sampai menimpa kita. berikut admin sampaikan penyebab utama dari meledaknya HP atau Smartphone :

Baterai Lithium Ion yang banyak dipakai pada Handphone atau Smartphone memiliki beberapa kelemahan :
* Mengandung bahan yang mudah terbakar.
* Bertekanan tinggi.

Sebenar nya produsen baterai sudah menyadari hal ini dan beberapa antisipasi dan praktek manufakturing yang baik sudah dilakukan untuk mengamankan baterai ini seperti:
* Membatasi jumlah material aktif untuk mencapai perbandingan terbaik antara densitas energi dengan keamanan.
* Menerapkan mekanisme pengamanan antar sel.
* Tambahan sirkuit pengaman elektronik pada baterai.

Sehingga tingkat kegagalan produk baterai ini adalah 1 : 10.000.000.
Namun yang menjadi masalah adalah produsen baterai pihak ketiga yang karena harus bersaing dengan baterai branded harus menekan harga jual sehingga salah satu biaya yang ditekan adalah proses pengamanan produksi.
Padahal baterai ini sangat rentan terhadap cacat produksi dan bahaya dari cacat produksi bisa mengakibatkan apa yang disebut Thermal Runaway, dimana jika baterai Lithium Ion mencapai suhu 130 derajat Celcius, ia akan mengalami Thermal Runaway, suatu proses peningkatan suhu yang luarbiasa sampai mencapai titik leleh Lithium dan akibatnya adalah baterai akan terbakar dan meledak.

Berikut ini beberapa tips seperti dilansir inet.detik.com, yang diharapkan bisa mencegah kejadian HP/SmartPhone meledak atau terbakar : 


* Jangan melakukan isi ulang baterai di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti kasur / ranjang, apalagi bensin.
* Hindari menelepon ketika sedang isi ulang baterai.
* Jika merasakan panas berlebih pada perangkat khususnya ketika sedang di-charge, segera lepaskan perangkat dari charger dari listrik kalau tidak memungkinkan, menjauh dari perangkat anda.
* Berbeda dengan Nickel based battery, Li Ion tidak memiliki memory effect dan justru akan memperpendek usia baterai jika digunakan sampai habis (discharge / deep discharge). Segera charge baterai anda jika sudah mencapai daya 25 %.
* Hindarkan baterai dari paparan panas tinggi seperti dashboard mobil yang terpapar sinar matahari atau terkena paparan langsung sinar matahari.
* Hindari menggunakan charger non standar yang tidak sesuai spesifikasi kecuali anda mengerti dengan baik daya yang dihasilkan oleh charger cocok dengan perangkat anda. Penggunaan charger non standar bisa mengakibatkan rusaknya rangkaian pengaman baterai.


Demikian informasi mengenai kejadian terbaru HP meledak, dan cara mencegah supaya jangan sampai kejadian HP meledak menimpa kita.
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.