Gaji PNS nyampai Rp 50 Juta di rancangan PP








Sebelumnya, anda mungkin sudah membaca 

mengenai penghapusan honorarium PNS
Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Sistem Penggajian akan mendorong tingkat kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN), atau lebih dikenal dengan sebutan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasal nya, menurut MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, seluruh komponen gaji akan mengalami peningkatan.

"Sistem gaji PNS akan kita atur sehingga lebih profesional dan sesuai kinerja. Yang berkinerja bagus, akan mendapatkan income lebih besar," kata Yuddy Chrisnandi seperti dilansir JPNN.

MenPAN-RB menyebutkan, struktur gaji ASN hanya terdiri dari 3 (tiga) komponen. Yaitu gaji pokok, tunjangan kinerja, serta tunjangan kemahalan.

Silahkan lihat selengkapnya mengenai sistem penggajian baru untuk PNS

Gaji pokok ASN semua nya sama dan tidak ada beda nya baik untuk instansi pusat maupun instansi daerah. Yang menjadi pembeda nya adalah tunjangan kemahalan dan tunjangan kinerja.

"Kalau gaji pokok golongan satu sama semua instansi tetap Rp 1,8 juta. Setelah ditambah dengan tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan, gajinya menjadi di atas Rp 3 juta," ungkap nya.

Nanti nya, dengan PP tentang Sistem Gaji tersebut, seorang ASN akan memperoleh gaji terendah nya (plus tunjangan) sekitar Rp 3 jutaan (golongan IA) dan tertinggi sekitar Rp 50 juta.

"Intinya pemerintah memberikan tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan untuk menyejahterakan ASN. Itu sebabnya ASN harus meningkatkan kinerjanya," pungkas nya.

Demikian informasi mengenai gaji PNS terbaru