Translate

Tuesday, March 31

Pemasukan Data Dapodik Terikat Hukum

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Pemasukan Data Dapodik Terikat Hukum
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/03/pemasukan-data-dapodik-terikat-hukum.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!







Pemasukan data ke dalam aplikasi data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) harus dilakukan secara hati-hati. Tidak boleh ada manipulasi dan pemalsuan data. Maka operator sekolah harus memerhatikan secara teliti data yang dimasukkan agar tidak ada pihak yang dirugikan.
“Dengan berlakunya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, segala transaksi elektronik 


terikat dengan hukum. Karena ini untuk konsumsi publik,” kata Wowon Widaryat, Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, di Bekasi, (30/03)
Wowon menambahkan, pengisian data pada aplikasi Dapodikdas oleh Operator sekolah langsung dikirim ke server Pusat tanpa intervensi siapapun. Operator sekolah memiliki otoritas dan keleluasaan penuh dalam menjalankan tanggung jawabnya. Wowon berharap kepala sekolah berperan penuh dalam mengawasi kinerja operator sekolahnya.
Aplikasi Dapodik kini tak hanya digunakan di lingkungan Kemendikbud. Kementerian lain juga menggunakannya seperti Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.
Menurut Wowon, kelengkapan basis data pada Dapodik dapat dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk mengetahui kondisi pendidikan di wilayahnya masing-masing. Melalui Dapodik, dapat diketahui kondisi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana-prasarana satuan pendidikan.
Ia kemudian membandingkan situasi terkini dengan masa lampau ketika basis data pendidikan belum ada. Kendati tiap kabupaten/kota memiliki kepala seksi sarana-prasarana, ungkap Wowon, data mengenai jumlah sekolah rusak, keperluan ruang kelas baru, dan jumlah siswa tidak akurat. 
“Tahunya kalau ada permintaan dari Pusat,” ujar nya.

Demikian informasi terbaru mengenai Pemasukan Data Dapodik Terikat Hukum.
Dan Apabila Sekolah tidak mengisi aplikasi dapodik maka ...
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.