Translate

Thursday, April 30

Ini cara praktis, Deteksi boraks dengan Tusuk gigi

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Ini cara praktis, Deteksi boraks dengan Tusuk gigi
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/04/cara-praktis-deteksi-kandungan-boraks-dalam-makanan.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!







Boraks adalah salah satu bahan makanan berbahaya. Namun sudah banyak sekali bahan makanan yang beredar dikalangan luas mengandung bahan berbahaya seperti boraks ini.

Bagaimana sih cara mendeteksi kandungan boraks dalam makanan?








selama ini untuk mengetahui bahwa makanan itu mengandung boraks atau tida dapat dilakukan dengan cara uji laboratorium dan tes yang memakan waktu cukup lama, bukan hanya berjam-jam, melaikan berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Akan tetapi kini ada inovasi yang cukup mudah, praktis dan relatif singkat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik saja, maka kandungan boraks pada suatu makanan  bisa dengan mudah terdeteksi, tanpa harus melalui uji laboratorium seperti yang dilakukan selama ini.

Bangsa Indonesia patut berbangga karena memiliki anak-anak hebat, salah satunya dua siswa SMA Negeri 3 Semarang ini. bernama Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. yang telah menemukan SIBODEC (Stick of Borax Detector). dengan inovasi ini maka siapapun dapat dengan mudah mengetahui apakah suatu makanan itu mengandung boraks ataupun tidak.

caranya hanya menusukan tusuk gigi sampel makanan yang akan diuji. kemudian perhatikan perubahan warna yang terjadi pada tusuk gigi itu. jika berubah menjadi warna merah maka makanan tersebut positif mengandung boraks.

Pemilihan alat tusuk gigi ini, selain murah dan praktis siapapun dapat memanfaatkannya, baik kalangan awam sekalipun.

"Biar mudah dibawa dan karena bentuknya seperti tusuk gigi jadi terlihat normal kalau semisal mau cek makanan dimana saja", kata Dayu Laras W yang qizz234 kutip dari Brilio.net.


Sibodec ini dilengkapi dengan bahan kimia tertentu yang memang hanya sensitif terhadap boraks.

Berkat penemuannya, mereka mendapatkan penghargaan medali emas pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014.
cek kandungan boraks dalam makanan dengan tusuk gigi (foto brilio.net)


Demikian informasi tentang Ini cara Deteksi boraks dengan Tusuk gigi
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.