Translate

Friday, April 3

R.A. Kartini, Hari Kartini dan Maknanya serta not angka Ibu kita Kartini

Informasi Halaman :
Judul Artikel : R.A. Kartini, Hari Kartini dan Maknanya serta not angka Ibu kita Kartini
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/04/ra-kartini-hari-kartini-dan-maknanya.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!







Bulan april adalah salah satu bulan yang sering dirayakan (orang luar indonesia, identik dengan april mob), terus bagaimana dengan negara tercinta ini? ya benar sekali "Hari Kartini".
Hari Kartini. Ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.
Beberapa dekade setelah beliau meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patriarki. (http://tugupahlawan.com/)
Hari Kartini, di berbagai daerah di Indonesia selalu diperingati dengan cara menggunakan baju adat daerah-daerah yang ada di Indonesia. 

Berikut adalah sekilas tentang R.A. Kartini, Seperti dilansir oleh laman http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/raden-adjeng-kartini/ :
Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.
Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Ia adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI.
Lebih lanjut, silahkan unduh di sini.


Berikut admin lampirkan not angka lagu kartini :
 image courtesy  not-lagu.blogspot.com

Demikian tentang R.A. Kartini, Hari Kartini dan Maknanya serta not angka lagu Ibu Kita Kartini
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.