Translate

Sunday, June 21

Hati-hati! 7 Batu Akik Ini Bisa Mematikan

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Hati-hati! 7 Batu Akik Ini Bisa Mematikan
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/06/hati-hati-7-batu-akik-ini-bisa-mematikan.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!








Demam Batu Akik - Ada 7 (tujuh) jenis batu akik yang diyakini dapat memicu kematian.

Pada sebuah video yang diunggah di Youtube ada 7 bebatuan yang sering salah dimengerti. Banyak yang mengira batu ini cocok untuk perhiasan dan diubah menjadi mata cincin batu akik padahal kalau terhirup, nyawa bisa melayang. Video ini memaparkan ada tujuh jenis batu akik yang berbahaya, akun dialyog khen mengunggah video ini pada tanggal 18 Juni 2015.




Akun Youtube tersebut menjelaskan 7 batu akik yang berbahaya ini dikutip dari djurnal.com.

Disitus tersebut dijelaskan bahwa, Tidak semua bebatuan indah itu aman. Kenapa? Ya, karena ternyata ada beberapa jenis batu yang menyimpan rahasia yang mengejutkan, yakni mematikan. Bukan soal mitos, tapi berdasarkan beberapa penelitian, jenis-jenis batu tertentu mengandung zat yang membahayakan nyawa manusia.

Berikut 7 batu akik tersebut, seperti dilansir surya :

1. Arsenopryte
Wujudnya sangat mirip dengan emas, kilauannya, warnanya. Namun, emas dan arsenopyrite sangatlah berbeda. Sebaiknya hati-hati bila menemukan batu seperti emas ini, ingat debunya mengeluarkan bau yang menyengat mirip bawang putih. Itu bukanlah emas melainkan arsenopyrite. Bebatuan yang mengandung racun arsenik sulfida, bila disentuh dan masuk ke tubuh, astaga bisa menyebabkan kematian. Demikian pula bila batu arsenopyrite ini dipanaskan akan muncul uap baunya seperti bawang putih yang sangat kuat dan bisa mematikan. Beracun bahkan pemicu kanker.

2. Galen
Fakta menunjukkan banyak peneliti keracunan saat meneliti kristal ini. Debu timbal pada galena yang secara tak sengaja terhisap, langsung meracuni tubuh hingga memicu kematian.
Selain itu mineral ini mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan bagi orang yang berada di sekitar mineral ini.

3. Cinnabar
Batu kali ini, Anda harus hati-hati. Warnanya merah sangat menggoda. Kristal ini memang terlihat cantik dan indah. Dari arti namanya saja, Cinnabar artinya ‘darah naga’. Kristal ini nama lainnya mercury sulfide. Terbentuk di dekat gunung berapi dengan komposisi merkuri yang tinggi.
Warnanya yang sangat merah serta menawan hati justru menunjukkan betapa sangat berbahayanya batuan ini. Kristal ini mengeluarkan merkuri yang bisa menyebabkan tremor, tubuh bergetar, mati rasa hingga kematian jika tidak ditangani dengan benar.

4. Chalcanthite
Ini adalah kristal berwarna biru terdiri atas tembaga, belerang, air juga unsur lainnya.
Walaupun unsur tembaga tidak berbahaya, tapi jika mengandung tembaga dengan jumlah sangat banyak, kristal ini bisa beracun untuk tubuh. Tembaga yang terkandung dalam chalcanthite bisa larut dalam air dan apabila tembaga yang larut dalam air sangat banyak lalu dipakai untuk minum atau menyiram tanaman, maka ini adalah kematian yang perlahan, baik pada tumbuhan dan manusia.

5. Stibnite
Wujudnya seperti perak dan bersinar seperti kristal logam. Tetapi ingatlah, batu ini mengandungi senyawa yang tak stabil dan bisa meracuni penggunanya. Pada masa lalu Stibnite pernah digunakan sebagai bahan pembuat peralatan makan dan pedang yang berakhir pada kematian penggunanya.
Hal tersebut diketahui setelah banyak yang keracunan makanan setelah peralatan makanan terbuat dari bahan kristal ini. Ingatlah untuk mencuci tanagn dengan bersih setelah memegang batu ini agar tidak keracunan.

6. Tobernite
Julukannya saja mengerikan, Torbernite disebut sebagai kristal dari neraka.
Batuan ini bentuknya prisma berwarna hijau indah. Tobernite terbentuk dari uranium, rincian nya terbentuk dari reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air dan uranium.
Kolektor kristal cenderung tergoda untuk mengoleksi meski sangat berbahaya lantaran warna nya sangatlah indah. Hati-hati! Apabila terjadi pembusukan uranium di dalam, kristal ini mengeluarkan gas yang mengakibatkan kanker paru-paru secara perlahan-lahan.

7. Orpiment
Seperti yang lain, kristal ini memiliki warna yang menggoda. Tak jarang ada yang berminat untuk mengoleksi atau menjadikannya perhiasan. Ingat! Orpiment merupakan bebatuan yang sangat berbahaya. Terbuat dari campuran arsenik dan sulfur yang sangat reaktif. Hanya dengan memegang nya saja zat karsinogen terlepas dan bisa menjadi penyebab kanker pada tubuh hingga menyebabkan keracunan arsenik pada saraf. Dahulu kala bangsa China menggunakan mata panah yang sudah digosokkan pada kristal ini untuk meracuni musuhnya. Ingatlah untuk tidak memotong bebatuan ini.
Bubuk serpihan nya bisa sangat beracun terutama jika terkena sinar matahari.
 
Batu Cinnabar (Image Courtesy Youtube)
Sumber :
Listverse, Surya Online, Djurnal, Youtube
Demikian mengenai, Hati-hati! 7 Batu Akik Ini Bisa Mematikan
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.