Translate

Saturday, August 29

Penumbuhan Karakter Anak, untuk Hadapi Tantangan Masa Depan

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Penumbuhan Karakter Anak, untuk Hadapi Tantangan Masa Depan
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/08/penumbuhan-karakter-anak-untuk-hadapi-masa-depan.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!







Penumbuhan Karakter Anak Mampu Hadapi Tantangan Masa Kini dan Masa Depan - Beberapa hal yang mendasar perlu diperbaiki dari kualitas manusia Indonesia itu sendiri adalah karakter manusianya. Dia mengatakan, komponen karakter manusia yang harus diperbaiki itu tediri dari komponen karakter moral maupun komponen karakter kinerja.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengatakan “Dua-duanya harus kita bangun,”.

Lanjutnya, komponen dari karakter moral meliputi jujur, berintegritas, dan beriman serta bertaqwa. Komponen karakter kinerja, kata dia, meliputi tangguh, tuntas, dan kerja keras serta ulet.

“Dua karakter ini yang harus ditumbuhkan pada anak-anak bangsa Indonesia, bukan ditanamkan,”  kata Mendikbud.

Mendikbud menjelaskan, saat ini anak-anak Indonesia perlu memiliki 21th Century Skill (keahlian di abad ke-21,-) untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Keahlian tersebut, kata dia, meliputi berpikir rasional, kreatif, dan berkolaborasi serta mempunyai keahlian berkomunikasi yang baik.

Tambahnya, apabila Indonesia ingin menguasai perekonomian dunia di masa depan maka anak-anak Indonesia harus dibekali dengan Science (ilmu pengetahuan) baik Natural Science (ilmu pengetahuan alam) maupun Social Science (ilmu pengetahuan sosial). Bekal selanjutnya, kata dia, adalah Technology (teknologi), Engineering (rekayasa atau teknik), dan Arts (kesenian) serta Math (matematika).

“Bila kita bisa menumbuhkan anak-anak yang berkarakter memiliki kompetensi knowledge (pengetahuan) dan skills (keahlian) untuk masa depan maka saya yakin masa depan republik ini akan cerah sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri republik ini,” pungkasnya.

Demikian Penumbuhan Karakter Anak Mampu Hadapi Tantangan Masa Kini dan Masa Depan 
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.