Translate

Wednesday, October 7

Simulasi Online UKG 2015

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Simulasi Online UKG 2015
URL : http://qizz234.blogspot.com/2015/10/simulasi-online-ukg-2015_7.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!





UKG 2015 akan digunakan mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content.

Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik).

Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.





Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi (subject matter) berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas. Oleh karena itu instrumen tes untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan tempat guru tersebut bertugas.
[silahkan download kisi-kisi UKG 2015 untuk guru kelas SD]


            


SIMULASI UJI KOMPETENSI GURU TAHUN 2015 




Petunjuk Latihan Soal UKG 2015
a) Anda dapat melanjutkan ke soal berikutnya, jika soal latihan ini mendapat paling sedikit 7 poin;
b) Walaupun ini hanya latihan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh;
c) Klik tombol lingkaran didepan jawaban yang anda anggap benar;
d) Untuk melihat kunci jawaban, silahkan anda klik tombol Kunci Jawaban;
e) Jadikan simulasi UKG untuk mengukur kemampuan awal anda, sebelum mengikuti UKG Online 2015.




*** selamat mengerjakan***



1. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah ....

penilaian projeck

penilaian kinerja

penilaian produk

penilaian portofolio


jawaban B

Penilaian Kinerja Adalah penilaian dengan berbagai macam tugas dan situasi dimana peserta test diminta untuk mendemonstrasikan pemahaman dan pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta keterampilan didalam berbagai konteks. Jadi boleh dikatakan bahwa penilaian kerja adalah suatu penilaian yang meminta peserta tes untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan kedalam berbagai macam konteks sesuai dengan ktiteria yang diinginkan.

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam peiode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.

Penilaian portofolio adalah penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya peserta didik yang dikumpulkan dari waktu ke waktu dari proses pembelajaran dan membandingkan hasil setiap karya tersebut. Dan pada setiap hasil karya peserta didik diungkapkan kekuatan dan kelemahannya, sehingga peserta didik memiliki catatan-catatan yang dapat memperbaiki hasil karyanya.

Penilaian hasil kerja Terdapat dua tahapan penilaian yaitu : pertama, penilaian tentang pemilihan dan cara penggunaan alat serta prosedur kerja siswa. Kedua, penilaian tentang kualitas teknis maupun estetik hasil karya atau kerja siswa.

2. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk ....

mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman

mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran

merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan

melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa

Jabawan

3. Bagaimana cara anda memperlakukan murid dengan berbagai macam karakter dan kepribadian?

Memberikan materi seperti apa adanya dalam MGMP

Membuat kelompok-kelompok diskusi

Memberikan materi dengan memperhatikan keragaman yang ada

Memberi apresiasi dan dorongan sesuai kemampuan masing-masing anak

Jawaban C

Memberikan materi dengan memperhatikan keragaman yang ada

4. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .

Tahap bujukan (persuasion)

Tahap pengetahuan (kowledge)

Tahap pengembalian keputusan (decision making)

Tahap implementasi (implementation)

Jawaban A

Tahap bujukan (persuasion)

5. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .

Bujukan (persuasion)

Konfirmasi (confirmation)

Implementasi (implementation)

Pengembalian keputusan (decision making)

Jawabannya B

Konfirmasi (confirmation)

6. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah ....

Pengasuhan permissive-indulgent

Pengasuhan otoritatif

Pengasuhan permissive-indefferent

Pengasuhan otoriter

Jawaban B

Pengasuhan otoritatif adalah pengasuhan otoritatif yang mendorong anak–anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas–batas dan pengendalian atas tindakan–tindakan mereka (Baumrind (2002: 258))

7. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut ....

Strukturalisme

Konstruktivisme

Behaviorisme

Progressivisme

Jawaban

Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari.

Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap.

Behaviorisme atau Aliran Perilaku (juga disebut Perspektif Belajar) adalah filosofi dalam psikologi yang berdasar pada proposisi bahwa semua yang dilakukan organisme — termasuk tindakan, pikiran, atau perasaan— dapat dan harus dianggap sebagai perilaku. Aliran ini berpendapat bahwa perilaku demikian dapat digambarkan secara ilmiah tanpa melihat peristiwa fisiologis internal atau konstrak hipotetis seperti pikiran. Behaviorisme beranggapan bahwa semua teori harus memiliki dasar yang bisa diamati tapi tidak ada perbedaan antara proses yang dapat diamati secara publik (seperti tindakan) dengan proses yang diamati secara pribadi (seperti pikiran dan perasaan).

Progresivisme adalah suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar pada masa mendatang. Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Beberapa tokoh dalam aliran ini : George Axtelle, William O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B. Thomas dan Frederick C. Neff.

8. Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?

Kemampuan akademik berupa baca dan tulis

Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru

Umur dan Kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru

IQ dan hasil test kecerdasan

jawaban C

9. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah ....

Morfologi

Fonologi

Semantik

Pragmatik

jawabannya C

10. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .

Addition

Restructuring

Alternation

Substitution

Jawaban B






                       
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.