Diseminasi Kebijakan Dapodik

Dapodik - Rakor Pendataan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah diikuti oleh LPMP dari 33 Provinsi. Acara tersebut digelar mulai tanggal 3 Desember 2015.

Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Yudistira, mengatakan "Penjaminan mutu sekolah,  adalah program utama LPMP. Targetnya tercantum dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Intervensi LPMP dalam peningkatan mutu sekolah diperlukan untuk meningkatkan indeks pembangunan pendidikan pada suatu daerah." katanya.

Terkait hal tersebut, Kemendikbud akan memberi rapor kepada Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam rangka pembangunan pendidikan. Rapor tersebut menggambarkan indeks pembangunan pendidikan suatu daerah yang mengacu pada pencapaian Standar Pelayanan Minimal.

Hingga kini, SPM baru mencakup pendidikan dasar. Tiap tahun dilakukan pembaruan (updating) data menggunakan aplikasi yang melibatkan dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi.

Basis SPM adalah Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Data yang tidak tercakup dalam Dapodik dikumpulkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi. Ke depan, LPMP akan turut serta dalam peran itu.

Demikian Diseminasi Kebijakan Dapodik 2016