Translate

Saturday, April 2

Inilah Rambu-rambu Validasi data Dapodikmen (SMA KTSP)

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Inilah Rambu-rambu Validasi data Dapodikmen (SMA KTSP)
URL : http://qizz234.blogspot.com/2016/04/inilah-rambu-rambu-validasi-data-dapodikmen.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!



info OPS - Sebagai guru pada jenjang pendidikan menengah (dikmen) khususnya tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ingin segera datanya valid pada laman infogtk dan tentunya ingin segera terbit SK Tunjangan Profesi Guru tahun 2016, Insentif GBPNS, Tunjangan Khusus, serta Tunjangan lainnya.

Berikut beberapa Rambu-rambu Validasi data Dapodikmen
Perlu kita ketahui bersama bahwa, Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar. 


Jumlah jam belajar (JJM) dalam sebuah rombongan belajar (rombel) tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.

Beberapa Jenis kelompok mata pelajaran yang ada pada kurikulum SMA KTSP akan berbeda juga untuk SMA K13, diantaranya adalah :
  •  Wajib/Umum 
  • Peminatan/Jurusan.
  •  Tambahan Wajib.
  •  Tambahan

1. Penjelasan untuk Kelompok Mapel Wajib/Umum
Kelompok mata pelajaran (mapel) ini merupakan kelompok mapel yang wajib diajarkan pada jurusan dan tingkatan tertentu. jumlah maksimum JJM wajib adalah sbb :


Apabila pengisian rombel dengan jenis jjm wajib melebihi batasan tersebut, maka rombel tersebut akan dianggap tidak normal. Yang nantinya efek ketidaknormalan rombel itu berdampak pada jumlah jam mengajar linier bagi guru yang sudah sertifikasi adalah 0, walaupun guru tersebut sudah mengajar sesuai antara mapel yang diajarkan dengan sertifikasi pendidiknya.

Cara mengatasinya, silahkan anda berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah dan para guru yang terlibat didalam rombel tersebut.

2. Penjelasan untuk Kelompok Mapel Peminatan/Jurusan
Kelompok mata pelajaran ini adalah kelompok mata pelajaran sesuai dengan jurusan yang dipilih, masing-masing jurusan memiliki mata pelajaran yang berbeda walaupun mungkin ada beberapa matapelajaran yang sama. 
Jumlah maksimum JJM peminatan/jurusan adalah sbb :


Sama seperti jenis jjm wajib, apabila pengisian rombel dengan jenis jjm peminatan melebihi batasan tersebut, maka rombel tersebut akan dianggap tidak normal. Efek dari ketidak normalan rombel adalah jjm linier bagi guru yang sudah sertifikasi adalah 0, walaupun guru tersebut sudah mengajar sesuai antara mapel yang diajarkan dengan sertifikasi pendidiknya.

Cara mengatasinya, silahkan anda berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah dan para guru yang terlibat didalam rombel tersebut.

3. Penjelasan untuk Kelompok Mapel  Tambahan Wajib
Kelompok mapel tambahan wajib atau jjm tambahan wajib, kadang masih banyak yang salah memahami. Yang dimakaud dengan tambahan wajib bukanlah sesuatu yang di wajibkan, tetapi satu pilihan yang boleh diambil oleh sekolah jika ada mata pelajaran yang kurang mencukupi jumlah jam belajar perminggu sesuai dengan aturan kurikulum. 

Jumlah jam yang boleh di tambahkan pada kelompol tambahan wajib maksimum cuma 4 jam. Angka 4 jam ini tidak untuk satu mata pelajaran, tapi untuk jumlah jam seluruh mapel yang dimasukan dalam kelompok mapel tambahan wajib.

Sama seperti jenis jjm wajib, jika pengisian rombongan belajar dengan jenis jjm tambahan wajib melebihi batasan tersebut, maka rombel tersebut akan dianggap tidak normal. Efek dari ketidak normalan rombel adalah jumlah jam mengajar linier bagi guru yang sudah sertifikasi adalah 0, walaupun guru tersebut sudah mengajar sesuai antara mapel yang diajarkan dengan sertifikasi pendidiknya.

Cara mengatasinya, silahkan anda berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah dan para guru yang terlibat didalam rombel itu sendiri.

4. Penjelasan untuk Kelompok Mapel Tambahan 
Masalah yang timbul dilapangan kemudian adalah adanya mata pelajaran yang diajarkan disekolah tetapi tidak ada matapelajaran didalam kurikulum, seperti matapelajaran kedaerahan atau kekhususan sebagai ciri khas.

Untuk mapel tersebut dimasukan dalam kelompok mapel tambahan. Kelompok mapel tambahan tidak berpengaruh apapun terhadap penghitungan jam pada rombel.



Demikian Rambu-rambu Validasi data Dapodikmen
Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.