Translate

Tuesday, April 5

Rambu-rambu Validasi Dapodikmen (SMA K13)

Informasi Halaman :
Judul Artikel : Rambu-rambu Validasi Dapodikmen (SMA K13)
URL : http://qizz234.blogspot.com/2016/04/rambu-rambu-validasi-dapodikmen-sma-k13.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Info OPS - Setelah sebelumnya rekan Operator Sekolah (OPS) telah membaca mengenai Rambu-rambu Validasi Dapodikmen (untuk SMA yang menggunakan KTSP), kali ini kami kutip penjelasan mengenai Rambu-rambu Validasi Dapodikmen (SMA K13).

Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas (SMA). Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mapel yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.




Nazarudin Kompetan, menjelaskan "Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar mata pelajaran yang terdapat dalam daftar kurikulum dan sesuai dengan sertifikat pendidiknya." tulisnya mengutip blog pribadinya (4/4).

Pada K13 SMA kelompok mapel masih sama dengan kelompok mapel KTSP SMA, perbedaan yang mendasar diantaranya adalah kelompok mata pelajaran wajib. pada kelompok mapel ini dibagi menjadi 2, yaitu kelompok A dan B. Walaupun sebenarnya disistem tetap dianggap sama.

Pada SMA dengan Kurikulum 2013 kelompok mata pelajaran tambahan wajib sedikit berbeda dengan SMA KTSP. Jika pada SMA KTSP sekolah bisa mengalokasikan 4 jam tambahan matapelajaran pada masing-masing rombel, pada kurikulum SMA 2013 cuma bisa 2 jam.

Pembagian kelompok mata pelajaran pada SMA 2013 adalah sebagai berikut :
1. Wajib
     Kelompok A
     Kelompok B

2. Peminatan/Jurusan

3. Tambahan wajib

4. Tambahan
5. Lintas Minat

Secara keseluruhan JJM didalam sebuah rombel adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Adapun untuk gambaran umum pengisian JJM K13 untuk SMA, diuraikan sbb:

"harus dipahami bahwa penjelasan ini, bukanlah acuan resmi pengisian dapodik dan sewaktu-waktu dapat diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku. mohon koreksi bersama" tulisnya.

Demikian info OPS mengenai Rambu-rambu Validasi Dapodikmen (SMA K13)


Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.qizz234.blogspot.com / Pusat segala Informasi

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.