Formasi terbatas, minat masyarakat jadi CPNS tetap tinggi


Meski pemerintah terus mengurangi kuota formasi CPNS 2014, namun minat masyarakat untuk menjadi PNS tetap tinggi. Hal ini dapat dilihat dari membeludaknya peserta simulasi CAT CPNS  2014 yang sudah digelar di beberapa kota, termasuk di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.




Padahal, dengan kuota terbatas dan jumlah pelamar yang membludak, peluang menjadi CPNS tahun ini makin kecil karena persaingannya juga semakin ketat.

Tasdik Kinanto  selaku Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) mengatakan "Memang minat masyarakat menjadi PNS tidak surut, malah makin tinggi. Mungkin karena mereka melihat kesejahteraan PNS makin meningkat,".

Melihat tingginya minat masyarakat menjadi pegawai negeri, lanjutnya, pemerintah dituntut untuk mereformasi sistim rekruitmen PNS lewat metode computer assisted test (CAT). Dengan CAT, hanya pelamar yang cerdas saja bisa lolos seleksi CPNS 2014.




“Dengan CAT tidak ada peluang terjadinya kecurangan. Karena itu, tak ada cara lain kecuali belajar dan belajar dengan baik. Materi tesnya juga hanya tiga, yakni wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum,” tandasnya.



0 Response to "Formasi terbatas, minat masyarakat jadi CPNS tetap tinggi"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.