Minggu, Kemenag Gelar Sidang Itsbat Tentukan 1 Syawal 1435 H

Suasana sidang itsbat 2014

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang itsbat (penetapan) awal Syawal 1435 H di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, pada hari Minggu (27/7) yang akan datang.



Muhtar Ali selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag mengatakan, Sidang Itsbat Awal Syawwal 1435 H / 2014 M itu akan dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifudin.

Sementara itu, Izzudin selaku Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat  mengatakan, sidang itsbat itu akan dihadiri oleh seluruh perwakilan ormas Islam, dan diawali dengan sessi pra sidang berupa pemaparan  mengenai posisi hilal di Indonesia.

“Sessi pra sidang ini diakhiri dengan makan malam dan Shalat Magrib. Media dipersilahkan untuk mengikuti, meliput dan menyiarkan sessi ini kepada masyarakat,” kata Izzudin.

Selanjutnya sessi kedua adalah pelaporan dan pembahasan hasil rukyatul hilal yang rencanya akan dimulai dari jam 18:30 sampai 19:30 WIB. Setelah itu,  sidang dilanjutkan dengan pembahasan hasil rukyatul hilal untuk mengambil keputusan.

“Sebagaimana itsbat awal Ramadlan, sessi pelaporan dan pembahasan hasil rukyatul hilal dilakukan secara tertutup,” jelas Izzudin.

Seusai sessi pelaporan akan dilanjutkan dengan sessi ketiga yaitu  konferensi pers pasca sidang itsbat yang rencananya dimulai pada jam 19:30 WIB. Keputusan yang disepakati dalam sidang itsbat akan disampaikan secara luas kepada masyarakat oleh Menteri Agama, Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, didampingi Wakil Menteri Agama, dan Dirjen Bimas Islam.




“Media massa, baik cetak, online, maupun elektronik dimohon bisa meliput dan menyiarkan hasil sidang itsbat tersebut kepada masyarakat,” pinta Izzudin.