Macam-macam Perlombaan 17 agustusan di SD


Hai sobat qizz234 semuanya, masih ingat tidak sewaktu kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) acara perlombaan apa yang sering kita ikuti atau lihat sewaktu masih disana.




berikut admin share beberapa jenis perlombaan yang sering diperlombakan pada acara HUT RI atau yang sering kita namakan lomba 17 agustusan :

1. Lomba Makan Kerupuk
    

      Perlombaan ini biasanya untuk siswa kelas satu, dua dan tiga. 
Aturan perlombaan makan kerupuk :
Aturan main pada perlombaan ini cukup mudah yaitu kerupuk terikat pada seutas tali yang digantung yang tingginya diatas mulut peserta lomba, tangan dari peserta lomba tidak boleh memegang tali maupun kerupuk.
Manfaat lomba makan kerupuk :
Lomba makan kerupuk mengajarkan kepada kita bahwa ketika bangsa Indonesia di jaman penjajahan dulu banya rakyat mengalami kesulitan pangan, sandang dan papan. Sampai untuk makan saja mengalami kesulitan akibat hasil panen diambil secara paksa oleh penjajah.

2. Lomba Bakiak
Lomba ini disebut juga Bangkiak (Jawa Timur) ataupun Terompa Galuak (Sumatera Barat). Bakiak terbuat dari kayu yang panjang nya 50 cm atau lebih dan karet ban.
            Aturan perlombaan bakiak : 
    a. Setiap tim paling sedikit anggotanya 3 orang;
    b. Setiap tim diberikan waktu 3 - 5 menit untuk berdiskusi mengenai strategi masing-masing;
    c. Tim yang paling cepat kembali ke tempat Start (menyentuh garis start) dialah pemenangnya.
            Manfaat perlombaan Bakiak :
ü  Mengajarkan kepada siswa bahwa setiap langkah kehidupan, kita mempunyai banyak sekali pilihan hidup;
ü  Banyaknya pilihan tersebut berarti banyak pula pertimbangan untuk memilih mana yang terbaik;
ü  Janganlah bimbang, melangkahlah dengan tegas, mantap dan penuh perhitungan.
ü  Jika ada hambatan pada masalah pemahaman maka samakanlah langkah terlebih dahulu.

3. Lomba Tarik tambang
Lomba ini memberikan contoh atau teladan pada siswa bahwa persatuan rakyat indonesia pada masa penjajahan dulu adalah modal utama untuk melawan penjajah.
Manfaat lain nya antara lain mengajarkan bagaimana kita membentuk tim yang kompak serta strategi yang tepat.

4. Lomba Memasukan Pensil Kedalam Botol
Lomba ini melatih siswa kesabaran.

5. Lomba Balap Karung
Lomba ini memberikan gambaran kepada siswa kita bahwa bangsa Indonesia pada saat penjajahan, sebagian besar rakyat mengalami penderitaan yang teramat berat sekali. Bahan pakaian diambil oleh para kaum penjajah, yang tertinggal hanyalah plastik, karet, dan karung. Dengan keadaan seperti itu mau tidak mau, rakyat hanya mengenakan pakaian berasal dari karung goni (kain yang berserat kasar) sehingga akibatnya dapat menimbulkan gatal-gatal di kulit sehingga saat tibanya kemerdekaan disambut rakyat dapat berpakaian layak kembali. 



Sebagai bentuk pelampiasan kekesalan terhadap penggunaan kain berbahan karung, maka rakyat menginjak-injak karung. Namun makna lain dari balap karung adalah, betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung. Sejauh apapun “melompat” tetap akan mengalami kesulitan akibat dihalang-halangi. Terkadang bisa saja terjerambab. Hal itu pula yang menyulitkan kemajuan bangsa Indonesia dalam kungkungan penjajah.