Jamin Server Pendaftaran CPNS 2014 Siap Diakses Jutaan Pelamar

KemenPAN-RB menjamin, pendaftaran yang dilaksanakan secara online itu siap menampung satu juta lebih pelamar.

Sebagai rujukan jumlah pelamar tes CPNS 2013 lalu sebanyak 1,6 juta orang.

Pertimbangannya adalah pendaftaran yang dilaksanakan secara online, tentu semakin mempermudah akses masyarakat. Bandingkan dengan pendaftaran secara manual atau konvensional yang harus antri bahkan berdesak-desakan.


Pertimbangan lain peningkatan jumlah pelamar tes CPNS tahun ini adalah, kuota CPNS 2014 cukup banyak. Kemen PAN-RB menetapkan bahwa kuota CPNS 2014 untuk instansi pusat maupun nasional sebesar 65 ribu orang.

Setiawan mengatakan analisis lainnya adalah, penghapusan sejumlah perseyaratan administrasi pendaftaran.

"Sekarang daftarnya sudah tidak perlu lagu SKCK, kartu kuning, dan kartu kesehatan," jelasnya di Jakarta kemarin.

Dengan pertimbangan tadi, Setiawan mengatakan jumlah pendaftar tes CPNS 2014 berpotensi meningkat. Kalau pendaftaran tahun lalu mencapai 1,6 juta pelamar, jumlah pendaftar tahun ini bisa menyentuh sekitar 2 juta orang.

Wajar dengan potensi banyaknya pendaftar itu, berakibat pada potensi gangguan teknis pendaftaran CPNS 2014 yang digelar secara online. Jika terjadi kepadatan akses ke server panitia saja, dapat membuat website pendaftaran tes CPNS 2014 sulit diakses.

Publik patut cemas terhadap kualtias layanan online tadi. Pasalnya selama ini tidak ditemukan kegiatan pendaftaran online yang diakses sekitar dua juta orang dalam waktu tertentu.

"Segala antisipasi terkait pendaftaran CPNS yang dilaksanakan secara online sudah kita lakukan," ujarnya. 


Setiawan mengatakan, diantaranya adalah kerjasama dengan jajaran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setiawan menuturkan potensi gangguan harus bisa ditekan sekecil mungkin, sehingga program pendaftaran tes CPNS 2014 secara online ini tetap dijalankan.

Menurutnya pendaftaran CPNS 2014 yang dibuka secara online adalah gebrakan dalam rangka reformasi birokrasi. Dengan sistem ini, panitia mencoba mengurangi durasi pertemuan fisik pelamar dengan pihak-pihak yang terlibat dalam tes CPNS 2014. Selain itu pendaftaran juga terpusat ke panitia seleksi nasional (panelnas). Tidak terpecah-pecah ke instansi daerah seperti selama ini.