Data Peserta UN dan Rapor, Diambil dari Dapodik


Pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2014-2015, data siswa peserta UN akan diambil dari Dapodik. Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selaku otoritas yang berwenang mengeluarkan nama peserta UN, akan memanfaatkan Dapodik bekerja sama dengan Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PSDP). Dengan demikian, Puspendik tidak lagi melakukan penjaringan data peserta UN dari daerah.
“Dengan menggunakan database Dapodik untuk penyelenggaraan UN, tidak perlu dilakukan penjaringan data karena tinggal verifikasi,” kata Supriyatno, M.A., Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, di ruang kerjanya, seperti dilansir dikdas.kemdikbud.
Data yang diambil dari Dapodik merupakan data awal. Data tersebut kemudian divalidasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi.
Pemanfaatan Dapodik untuk pelaksanaan UN, tambah Supriyatno, akan meningkatkan kualitas data. Pemasukan data siswa oleh operator sekolah ke aplikasi Dapodik tidak lagi main-main. 

“Karena datanya akan dipakai di ijazah. Mereka pasti akan aware terhadap kebenaran data,” jelas nya.
Dapodik juga akan dimanfaatkan sebagai data primer dalam rapor siswa. Hal ini dimungkinkan lantaran pembaruan Dapodik dan penerbitan rapor siswa sama-sama dilakukan per semester. Rapor siswa yang menggunakan Dapodik sendiri mulai diterapkan pada semester II / genap.

0 Response to "Data Peserta UN dan Rapor, Diambil dari Dapodik"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.