Hingga tahun 2022, tidak ada perbedaan tentang Awal puasa dan Lebaran

Tahun ini 2015 diperkirakan tidak akan ada perbedaan hari dimulai nya Awal Puasa Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri (lebaran) yang ditetapkan Muhammadiyah dengan ketetapan Kementerian Agama (Kemenag) dan Nahdhaltul Ulama (NU).

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, tahun ini dimulai nya periode yang unik. Yakni dalam rentang delapan tahun ke depan atau selama 2015 hingga 2022 nanti, dipastikan tidak ada perbedaan penetapan awal puasa dan Lebaran antara Kemenag, Muhammadiyah, maupun NU.

Profesor riset bidang astronomi dan astrofisika itu mengatakan, fenomena unik itu terjadi selama tidak ada perubahan kriteria penetapan awal puasa dan Lebaran antara pemerintah dan dua ormas Islam besar itu.

"Penyebabnya murni fenomena alam. Posisi bulan selama delapan tahun ke depan sangat tinggi saat dilakukan rukyat (pengamatan, red)," kata nya yang qizz234 kutip dari JPNN.

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah bisa menetapkan lebih awal kapan awal puasa dan Lebaran karena menggunakan sistem hisab (perhitungan). Kriteria yang dipakai pada sistem hisab adalah, pokoknya bulan (hilal) sudah di atas ufuk, berarti besok nya sudah masuk Ramadan atau Syawal.

Sedangkan sistem yang dipakai NU dan pemerintah adalah imkanur rukyat, dengan cara melihat langsung kondisi bulan. Kriteria yang dipakai dalam sistem rukyat adalah, tinggi bulan (hilal) harus lebih dari dua derajat di atas ufuk.

"Nah dalam delapan tahun ke depan, posisi hilal di atas dua derajat terus. Jadi bisa saya nyatakan tidak akan ada perbedaan awal puasa dan Lebaran pada 2015 hingga 2022," terangnya.
 

0 Response to "Hingga tahun 2022, tidak ada perbedaan tentang Awal puasa dan Lebaran"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.