Kaidah Penyusunan kisi-kisi dan dan Soal untuk Sekolah Dasar

KAIDAH PENYUSUNAN KISI – KISI DAN PENYUSUNAN SOAL IPA, BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA


I.         KISI – KISI: -      Prasarat mutlak sebelum menyusun soal
-            Soal yang disusun melalui kisi – kisi lebih sempurna, merata, dalam persebaran materi ( SK/KD )
-            Memudahkan Guru dalam menyusun soal

II.       PEDOMAN PENYUSUNAN KISI – KISI
A.    Silabus: -    Mendata alokasi waktu SK/KD
-       Merencanakan jumlah soal, bentuk soal
-       Menghitung jumlah soal tiap SK/KD
Contoh :
B.     Metrik kisi – kisi
Kode SK/KD
Alokasi waktu
Penentuan jumlah soal
Perbulatan
Rincian jumlah soal
PG
IS
UR
1./1.1
8
8/50 X 40 = 6,4
7
4
2
1
1.2
8
8/50 X 40 = 6,4
6
4
1
1
1.3
6
6/50 X 40 = 4,8
5
4
1
-







2./2.1
8
8/50 X 40 = 6,4
6
3
2
1
2.2
6
6/50 X 40 = 4,8
5
4
1
-







3./3.1
4
4/50 X 40 = 3,2
3
2
1
-
3.2
5
5/50 X 40 = 4
4
2
1
1
3.3
5
5/50 X 40 = 4
4
2
1
1
Jumlah
50
Jumlah
40
25
10
5

Ket     : -    Jumlah soal 40  butir PG = 25, IS = 10, UR = 5
-       Kelas IV, V, VI jumlah soal dan bentuk soal sama
-       UAS, UKK, US kelas VI biasanya bentuk soal PG
C.     Penyusunan kisi – kisi
Sarana yang digunakan sebagai dasar penyusunan kisi – kisi :
1.    Silabus
2.    RPP
3.      Format kisi – kisi

Selengkapnya, silahkan klik tautan di bawah ini :
Kaidah Pentusunan kisi-kisi dan dan Soal Bahasa Indonesia
Kaidah Pentusunan kisi-kisi dan dan Soal Matematika
Kaidah Pentusunan kisi-kisi dan dan Soal IIPA


file hasil download

Demikian Kaidah Penyusunan kisi-kisi dan dan Soal 

0 Response to "Kaidah Penyusunan kisi-kisi dan dan Soal untuk Sekolah Dasar"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.