Download Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP K13 Revisi - Memasuki semester 2 tahun pelajaraan 2017/2018, dan menjelang tahun pelajaran 2018/2019. Berikut kami berikan beberapa contoh referensi dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Kelas Lima Sekolah Dasar (SD).


Apa itu Kurikulum 2013 (K13)? Kurikulum 2013 (K13) adalah Kurikulum yang belaku dalam sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum 2006 (biasa kita sebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun (sumber wikipedia).

Lalu, Tema apa saja yang ada pada kurikulum 2013 Revisi terbaru?

Pelaksanaan  Kurikulum  2013  pada  SD/MI  dilakukan  melalui  pembelajaran  dengan  pendekatan
tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI.
Mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  dan  Budi  Pekerti  dikecualikan  untuk  tidak  menggunakan
pembelajaran tematik-terpadu.
Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai

kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema seperti yang terdapat dalam tulisan di bawah ini :

Daftar Tema Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD Semester 1 dan 2

Kelas 1Diriku, Kegemaranku, Kegiatanku, Keluargaku, Pengalamanku, Lingkungan  bersih,  sehat,
dan asri, Benda, hewan, dan tanaman di sekitarku, Peristiwa alam



Kelas 2Hidup rukun, Bermain di lingkunganku, Tugasku sehari-hari, Aku dan sekolahku, Hidup bersih dan sehat, Air, bumi, dan matahari, Merawat   hewan   dan tumbuhan, Keselamatan  di  rumah  dan
perjalanan

Kelas 3Perkembangbiakan  hewan dan tumbuhan, Perkembangan teknologi, Perubahan di alam, Peduli lingkungan, Permainan tradisional, Indahnya persahabatan, Energi dan perubahannya, Bumi dan alam semesta.

Kelas 4Indahnya kebersamaan, Selalu berhemat energi, Peduli terhadap lingkungan
hidup, Berbagai pekerjaan, Pahlawanku, Indahnya negeriku, Cita-citaku, Tempat tinggalku, Makananku sehat dan
bergizi

Kelas 5Benda-benda di lingkungan sekitar, Peristiwa dalam kehidupan, Kerukunan dalam bermasyarakat, Sehat itu penting, Bangga sebagai bangsa indonesia, Organ tubuh manusia dan
hewan, Sejarah peradaban Indonesia, Ekosistem, Lingkungan sahabat kita

Kelas 6Selamatkan makhluk hidup. Persatuan dalam perbedaan, Tokoh dan penemu, Globalisasi, Wirausaha, Kesehatan masyarakat, Organisasi di sekitarku, Bumiku, Menjelajah angkasa luar.

Pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan Kompetensi Dasar dari berbagai mata pelajaran
yaitu intradisipliner, interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.

Integrasi intradisipliner dilakukan dengan cara mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan menjadi satu kesatuan yang utuh di setiap mata pelajaran.

Integrasi  interdisipliner  dilakukan  dengan  menggabungkan  Kompetensi  Dasar Kompetensi  Dasar
beberapa mata pelajaran agar terkait satu dengan yang lainnya, sehingga dapat saling memperkuat,
menghindari terjadinya tumpang tindih, dan menjaga keselarasan pembelajaran.

Integrasi multidisipliner  dilakukan  tanpa  menggabungkan  Kompetensi  Dasar  tiap  mata  pelajaran sehingga tiap mata pelajaran masih memiliki Kompetensi Dasarnya sendiri.

Integrasi transdisipliner dilakukan dengan mengaitkan berbagai mata pelajaran yang ada dengan
permasalahanpermasalahan yang dijumpai di sekitarnya sehingga pembelajaran menjadi kontekstual.
Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara
parsial.  

Dengan  demikian,  pembelajarannya  memberikan  makna  yang  utuh  kepada  peserta  didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Tematik terpadu disusun berdasarkan gabungan proses integrasi seperti dijelaskan di atas sehingga berbeda dengan pengertian tematik seperti yang
diperkenalkan pada kurikulum sebelumnya.

Selain  itu,  pembelajaran  tematik  terpadu  ini  juga  diperkaya  dengan  penempatan  Mata  Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I, II, dan III sebagai penghela mata pelajaran lain. Melalui perumusan Kompetensi Inti sebagai pengikat berbagai mata pelajaran dalam satu kelas dan tema sebagai Pokok bahasannya,  sehingga  penempatan  Mata  Pelajaran  Bahasa  Indonesia  sebagai  penghela  mata pelajaran lain menjadi sangat memungkinkan. Penguatan  peran  Mata  Pelajaran  Bahasa  Indonesia  dilakukan  secara  utuh  melalui  penggabungan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial ke dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kedua ilmu pengetahuan tersebut menyebabkan Mata Pelajaran Bahasa  Indonesia  menjadi  kontekstual,  sehingga  pembelajaran  Bahasa  Indonesia  menjadi  lebih menarik.

Pendekatan sains seperti itu terutama di Kelas I, II, dan III menyebabkan semua mata pelajaran yang
diajarkan akan diwarnai oleh Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Untuk kemudahan pengorganisasiannya, Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar kedua mata pelajaran

Kompetensi  Dasar  Mata  Pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam diintegrasikan ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diintegrasikan ke Kompetensi Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia, ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan ke Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika.

Sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam  dan  Ilmu  Pengetahuan Sosial  masingmasing  berdiri  sendiri,  sehingga  pendekatan integrasinya adalah multidisipliner, walaupun pembelajarannya tetap menggunakan tematik terpadu.

Prinsip  pengintegrasian  interdisipliner  untuk  Mata  Pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam  dan  Ilmu
Pengetahuan Sosial seperti diuraikan di atas dapat juga diterapkan dalam pengintegrasian muatan
lokal.

Kompetensi  Dasar  muatan  lokal  yang  berkenaan  dengan  seni,  budaya,  keterampilan,  dan  bahasa daerah diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal  yang  berkenaan  dengan  olahraga  serta  permainan  daerah  diintegrasikan  ke  dalam  Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Nah, selanjutnya bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mengunduh Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru silahkan langsung saja klik alamat tautan di bawah ini :
Download Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Demikian seputar Download Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

0 Response to "Download Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Perhatian !!!
1. No link (baik live link maupun link tidak aktif);
2. Dilarang berkomentar yang tidak sesuai dengan norma, karena ini adalah
blog pendidikan;
3. Dilarang berkomentar dengan huruf kapital semua;
4. Yang tidak mematuhi, mohon maaf komentar akan dihapus.